TVUPI Hadir Untuk Menjawab Tantangan Global dan Perkembangan Teknologi

TVUPI Hadir Untuk Menjawab Tantangan Global dan Perkembangan Teknologi
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi serta pengguna internet, kini Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) memiliki program baru, yakni Televisi UPI (TVUPI) yang merupakan televisi berbasis digital, inovasi dari Kantor Humas UPI yang siarannya dapat diakses melalui internet.

Rektor UPI Solehuddin mengatakan, TVUPI hadir untuk menjawab tantangan global dan perkembangan teknologi yang berkembang saat ini, serta dapat menjadi sarana komunikasi dan menghimpun informasi untuk pengembangan pendidikan terutama di kampus UPI.

“Dengan adanya TVUPI, masyarakat bisa lebih terdidik dan berdaya, well inform, sekaligus memberikan hiburan yang sesuai karakter bangsa. Keberadaan TVUPI harus edun, mahiwal dan nyongcolang dalam memberikan informasi, mendidik, sekaligus menghibur masyarakat. TVUPI harus edun, mahiwal dan nyongcolang di hal-hal yang positif. Harus extraordinary atau luar biasa,” kata Solehuddin, Sabtu (14/11/2020).

Hadir dengan moto edukasi generasi, lanjut dia, sangat relevan dengan visi UPI EDUN atau Education for Upturn of Nation yang berarti pendidikan untuk perbaikan bangsa. Dengan demikian, program siaran pun harus sesuai dengan misi penyiaran yang memberikan informasi, edukasi serta entertain bagi masyarakat.

Untuk itu, dia menuturkan TVUPI harus dibekali dengan sumber daya manusia (SDM) yang terbaik di bidangnya. Pasalnya, hal tersebut dapat menujang kualitas produk-produk siaran yang bagus dan mendidik bagi masyakarat.

“Workshop ini dilakukan dalam rangka menyiapkan tenaga-tenaga (SDM) yang diperlukan untuk mendukung penyelenggaraan TVUPI ini, ada beberapa (workshop), ini yang terkait dengan konten. Jadi ada sejumlah SDM-SDM yang bisa mendukung penyedian konten-konten TVUPI,” terangnya.

Solehudin menambahkan, pihaknya dalam hal ini kampus UPI harus bisa memanfaatkan adanya program TVUPI dengan sebaik mungkin. Sebab dari situ, salah satu kampus terbaik di Indonesia ini dapat mempromosikan program-programnya kepada masyarakat luas.

“Oleh karena itu kita harus benar-benar memanfaatkan peluang ini. Jadi bagaimana UPI ini bisa terpublikasi dengan baik, kalau kita punya tv kan bisa jadi salah satu sarana publikasi, disamping melaksanakan misi-misi edukasi yang sangat baik,” tambahnya. (Okky Adiana)