Desember, Pelayanan Publik di Puwakarta Bisa Dilakukan di Satu Lokasi

Desember, Pelayanan Publik di Puwakarta Bisa Dilakukan di Satu Lokasi
dok/inilahkoran

INILAH, Purwakarta - Di masa kepemimpinannya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika telah menyiapkan beragam program pembangunan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan masyarakat.

“Salah satu program kerja kami, tak lain memaksimalkan tata kelola pemerintahan yang baik dan propesional. Untuk optimalisasi tata kelola pemerintahan, itu lebih mencakup ke penyediaan pelayanan dasar publik,” ujar Anne, akhir pekan kemarin.

Anne menjelaskan, wujud dari program tersebut yakni dengan membangun pusat layanan publik berupa mal pelayanan publik (MPP). Program ini, juga sejalan dengan program Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang digulirkan sejak 2017 lalu.

Anne menuturkan, pembangunan pusat pelayanan publik tersebut telah dimulai sejak 2019 lalu. Saat ini, progress pembangunannya sudah hampir 100 persen. Jika tak ada aral melintang, MPP tersebut akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.

“Berbagai pelayanan, kedepan akan ada di satu lokasi ini. MPP ini kami namai Bale Madukara,” jelas dia.

Anne menjelaskan, memang seharusnya saat ini MPP tersebut sudah beroperasi. Karena, rencana awalnya bisa diresmikan pada Juli kemari yang bertepatan dengan hari jadi Purwakarta. Namun, karena adanya pandemi covid, maka terjadi kemunduran waktu, baik dari sisi pengerjaan pembangunannya maupun operasionalnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purwakarta, Mochamad Nurcahya menambahkan, pelayanan di MPP Madukara ini nantinya akan terintegrasi antara instansi pusat dan daerah. Termasuk BUMN/BUMD.

“Di Bale Madukara ini, nantinya terdapat 34 pelayanan. Yakni, 9 layanan instansi vertikal, 1 instansi provinsi, 15 layanan dari OPD kabupaten, serta 9 pelayanan dari BUMN/BUMD,” jelas dia.

Nurcahya memastikan, Bale Madukara ini bisa mulai beroperasi diresmikan pada Desember mendatang. Bahkan, rencananya akan diresmikan langsung oleh Menpar-RB, Tjahjo Kumolo. Di MPP tersebut, juga akan ada pelaksanaan gerakan ULIN KA MAL atau kepanjangan dari Urus Langsung Izin dan Non-Izin ke Mal Pelayanan Publik).

“Program ini, juga sebagai gerakan ajakan kepada instansi penyedia layanan publik, pelaku usaha dan masyarakat untuk mengurus langsung perizinan dan non-perizinan yang nantinya tersedia di MPP Madukara,” tambah dia.

Dia menambahkan, pelayanan yang ada di MPP ini nantinya lebih banyak yang berkaitan dengan layanan pembuatan dokumen. Misalnya, pembuatan KTP, KK, perizinan dan dokumen penting lainnya. Jadi, pelayanan-pelayanan yang biasanya dilakukan di masing-masing dinas, kedepan cukup dilakukan di satu lokasi.

“Jadi, cukup di satu tempat ini keperluan masyarakat bisa terlayani,” pungkasnya. (Asep Mulyana)