Beri Bantuan Internet Gratis, Telkom-BTN Berkolaborasi

Beri Bantuan Internet Gratis, Telkom-BTN Berkolaborasi
istimewa

INILAH, Bandung - PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) mendukung PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) memberikan bantuan berupa layanan internet gratis kepada pelajar atau siswa di 30 desa di Jabar untuk kegiatan belajar daring pada masa pandemi Covid-19 ini. Bantuan internet gratis tersebut juga bisa dimanfaatkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menjual produknya secara online. 

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengatakan, bantuan tersebut bakal menjadi pilot project untuk diterapkan di seluruh kantor wilayah BTN dalam rangka mendukung program percepatan peningkatan ekonomi desa yang diinisiasi Presiden Joko Widodo. 

“Program ini merupakan wujud komitmen bersama BUMN untuk memastikan seluruh masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh akses internet dalam melaksanakan aktivitasnya, seperti pembelajaran dari rumah, bekerja, aktivitas bisnis, serta kegiatan lainnya saat pandemi Covid-19,” kata Ahmad Reza, akhir pekan lalu.

Sementara itu, Corporate Secretary BTN Ari Kurniaman menyebutkan di masa pandemi ini, mayoritas aktivitas keluarga dilakukan dari rumah dan membutuhkan jaringan internet. Sebagai sahabat keluarga Indonesia, BTN peduli pada kebutuhan tersebut dan merancang penyediaan internet gratis untuk 30 desa di Jawa Barat. 

“Kami berharap layanan internet gratis ini dapat dimanfaatkan dan mendukung proses belajar mengajar hingga kegiatan ekonomi lain yang meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat desa,” kata Ari di sela acara Bantuan Internet Gratis 30 Desa di Rancaekek, Kamis (12/11/2020). 

Dia menjelaskan, beberapa desa seperti Desa Rancaekek Wetan, Desa Ciporeat, Desa Padalarang, dan Desa Jingkang Tanjung Medan bahkan telah menikmati layanan internet gratis sejak akhir Oktober lalu. 

“Kami akan menjadikan proyek di Jawa Barat ini sebagai pilot project untuk dilakukan di seluruh kantor wilayah BTN. Rangkaian kegiatan ini kami rancang untuk mendukung program reformasi desa milik pemerintah,” tambahnya. 

Penyediaan internet gratis tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, dampak ekonomi yang disebabkan pandemi membuat semakin banyak warga perkotaan yang kembali ke desa. 

“Momentum ini dapat dijadikan untuk memacu ekonomi desa sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional. Oleh karena itu, kami juga berterima kasih kepada Kementerian BUMN yang mendorong dan memfasilitasi BTN untuk aktif berpartisipasi dalam berbagai program nasional tersebut,” jelas Ari. (Doni Ramdhani)