Ini Bisnis Kuliner Anyar Milik Kim Jeffrey Kurniawan

Ini Bisnis Kuliner Anyar Milik Kim Jeffrey Kurniawan
Foto: Muhammad Ginanjar

INILAH, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan akhirnya resmi membuka bisnis barunya di bidang kuliner. Makanan yang disajikan berupa roti khas Jerman dan masakan khas Manado. 

Gelandang bernomor punggung 23 ini mengatakan untuk roti, ide itu muncul karena ibunda tercintanya yang suka membuat roti dan kue. Terlebih ibu bernama Uschi Kurniawan ini pada tahun depan akan segera pensiun.

"Kebetulan dapat kesempatan untuk ambil alih disini. Dan itu lebih cepat daripada yang diperkirakan. Rencana tahun depan, ternyata tahun ini," kata Kim usai peresmian di Sultown atau Sulanjana Town di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (15/11/2020). 

Kim memahami saat ini pandemi Covid-19 di Indonesia, terutama di Bandung masih masif. Namun, dia berharap bisnisnya ini tetap bisa berjalan dengan lancar. 

"Untuk bakery dan roti ada 30 varian lebih. Bisa dibilang kebanyakan dari Jerman seperti cinnamon roll, butter atau emang yang umumnya bakery. Kita juga ikut pasarannya juga. Jadi gak cuma murni roti luar, tapi ikuti lidah disini," katanya.

Kim mengaku lega lantaran bahan dasar pembuatan roti khas Jerman ini tidak jauh berbeda Indonesia. Bahkan tidak akan mengubah cita rasa dari roti itu sendiri. 

"Yang saya tahu, kita satu-satunya yang punya (bisnis ini). Kalau orang Indonesia menerima, ya ini satu-satunya tempat yang ada disini," tuturnya. 

Kim berharap bisnisnya ini bisa diterima seluruh khalayak Indonesia terutama Bandung. Diharapkan perkembangannya seperti bisnis barbershop yang saat ini sudah bisa menerima franchise. 

"Yang pertama, tentunya orang kenal dulu suka makanannya, lalu dipikirkan kedepannya lagi gimana cara memajukan si bakerinya. Kalau masakan Manado tidak terlalu takut karena banyak yang suka pedas, gak perlu diedukasikan karena sudah pada tahu dan orang pernah cicipi," bebernya.(Muhammad Ginanjar)