Dituding Bagi-bagi Uang Paslon Rp300 Juta, Ini Bantahan Camat Cikancung

Dituding Bagi-bagi Uang Paslon Rp300 Juta, Ini Bantahan Camat Cikancung
Istimewa

NILAH,Bandung- Camat Cikancung Kabupaten Bandung, Maksum, membantah isu yang menyebutkan dirinya membagi bagikan uang sebesar Rp 300 juta kepada para Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-kecamatan Cikancung, untuk membantu pemenangan salah satu paslon bupati.

"Itu bohong (hoax), makanya enggak saya tanggapi. Dari mana saya punya uang sebesar itu," kata Maksum saat dihubungi melalui ponselnya, Minggu (15/11/2020).

Maksum menjelaskan, pada Sabtu 24 Oktober itu, BPD se Kecamatan Cikancung itu memang datang ke rumahnya. Karena memang ia sedang ada hajatan. Selepas menghadiri acara hajatan itu mereka pulang. Namun belakanngan ia mendapat kabar mereka mampir ke rumah salah seorang tokoh masyarakat yang juga mantan anggota dewan, yakni haji Entis.

"Soal agenda BPD itu saya sama sekali tidak tahu. Bahkan sebenarnya, saya tidak mengundang mereka ke acara hajatan itu, yang diundang hanya para Kades dan para camat saja, itu karena protokol kesehatan. Nah setelah mereka pamit keluar dari rumah saya, saya enggak tahu mereka ke arah utara atau selatan. Dan setelah itu ada postingan poto BPD saya enggak tahu apa apa," ujanya.

Kepala Desa Cihanyir Kecamatan Cikancung, Ceceng Suparman, menambahkan, memang sepulang dari hajatan Camat Maksum itu, para BPD sekecamatan Cikancung itu mampir ke rumah haji Entis yang lokasinya memang tak jauh dari kediaman Camat Maksum. Tujuan mereka ke rumah haji Entis adalah untuk membahas rencana Musyawarah Desa (Musdes) pembentukan Kabupaten Bandung Timur.

"Tepatnya itu di kol renang milik haji Entis. Saat itu haji Entis tengah bertranskasi jual beli tanah. Haji Entis iseng berkelakar, " sok tah rek diparoto jeung duit mah. Iraha BPD boga duit sakieu" (silakan kalau mau dipoto sama uang ini. Kapan BPD punya uang sebanyak ini) candaan haji Entis saat itu," kata Ceceng yang juga Ketua APDESI Kecamatan Cikancung itu.

Jadi memang, kata Ceceng, isu yang beredar soal Camat Cikancung Maksum bagi-bagi uang kepada para anggota BPD tersebut berita bohong. Untuk itu ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu tersebut. (rd dani r nugraha).