Dadang Demang Segera Jalani Sidang Dakwaan

Dadang Demang Segera Jalani Sidang Dakwaan
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Bandung - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK telah melimpahkan berkas dakwaan atas nama Dadang Suganda alias Dadang Demang ke Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan RE Martadinata, Senin (16/11/2020).

Berkas atas nama terdakwa Dadang Suganda langsung diterima Panitera Muda (Panmud) Tipikor Bandung Yuniar dan sudah diregister dengan nomor 69. "Berkasnya baru saja masuk dan sudah diberi nomor register," katanya.

Berkas dakwaan Dadang akan langsung diserahkan ke Ketua PN untuk penentuan majelis yang akan menangani perkara tersebut.

"Namun biasanya karena ini splitan, majelisnya akan sama dengan yang menangani perkara sebelumnya, yakni Pak Benny. Tapi untuk jelasnya, nanti dikabari lagi," ujarnya.

Dadang Suganda dijadikan tersangka oleh penyidik KPK dalam dugaan kasus korupsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Bandung TA 2012-2013 yang merugikan negara hingga Rp69 miliar.

KPK menjadikan Dadang tersangka dari hasil pengembangan penyidikan dari tiga tersangka sebelumnya, yakni Tomtom Dabul Qomar, Kadar Slamet, dan Herry Nurhayat yang sudah dinyatakan bersalah dengan hukuman berbeda.

Dalam dakwaan ketiganya, Dadang Suganda disebut-sebut diperkaya dalam penyelewengan anggaran RTH dengan nilai Rp20 miliar. Kini, Dadang pun segera menjalani sidang dakwaan. "Sidangnya kemungkinan Senin pekan depan," pungkas Yuniar. (ahmad sayuti)