Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkab Siapkan Rusun Gandasari untuk Isolasi

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkab Siapkan Rusun Gandasari untuk Isolasi
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Mengantisipasi kian tingginya lonjakan kasus positif Covid-19, Pemkab Garut menyiapkan rumah susun (rusun) Gandasari di Jalan Raya Garut-Bayongbong Desa Mangkurakyat Kecamatan Cilawu sebagai tempat isolasi pasien kasus Covid-19.

Selain itu, Gedung Art Center di kompleks sarana olahraga (SOR) Ciateul Kecamatan Tarogong Kidul juga disiapkan sebagai alternatif.

Menurut Bupati Garut Rudy Gunawan, penyiapan lokasi alternatif bagi perawatan isolasi pasien Covid-19 tersebut diperlukan karena semakin sedikitnya sarana perawatan pasien akibat jumlah pasien Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya.  

Rudy mengatakan, di rusun Gandasari akan disediakan beberapa fasilitas seperti tempat tidur dan tenaga kesehatan yang bersiaga selama 24 jam berikut dokter jaga, untuk menunjang pelayanan selama masa isolasi. 

Dikhawatirkan, warga di Kabupaten Garut terpapar Covid-19 semakin banyak. Peningkatan kasus Covid-19 diprediksi meningkat lima kali lipat pada akhir 2020.
Rudy menyatakan, pihaknya akan terus berupaya melakukan yang terbaik dalam penanganan Covid-19 dan berharap warga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

"Apapun akan dilakukan Pemkab Garut dalam upaya penanganan Covid-19 ini. Meski tingkat kesembuhan kita sangat tinggi di atas 86%, dan tingkat kematian yang hanya 2%, tetapi diharapkan warga masyarakat Garut jangan mengabaikan bahaya Covid-19 ini," kata Rudy yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut, Senin (16/11/2020).

Total jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Garut sendiri hingga 15 September 2020 tercatat mencapai 15.145 kasus, meliputi 1.254 kasus positif dengan 23 kematian, 3.336 kasus suspek dengan 38 kematian, 10.555 kasus kontak erat, dan nol kasus probable. 

Masih terdapat sebanyak 558 kasus positif diisolasi dalam perawatan rumah sakit, dan empat kasus suspek diisolasi dalam perawatan di rumah sakit. Mereka di rawat di RSUD dr Slamet Garut, dan Klinik Medina. (Zainulmukhtar)