Keputihan; Antara Hadits Aisyah dan Hadits Utsman

Keputihan; Antara Hadits Aisyah dan Hadits Utsman
Ilustrasi/Net

Penulis kitab al-Hawi mengatakan, Imam as-Syafii menegaskan dalam sebagian kitab-kitabnya bahwa keputihan wanita statusnya suci. (al-Majmu, 2/570).

Antara Hadis Aisyah dan Hadis Utsmanradhiyallahu anhuma. Mengapa ini dikhususkan, karena dua hadis ini yang menjadi titik tolak pembahasan.

Pertama, hadis Aisyahradhiyallahu anha, tentang air mani yang menempel di baju Nabishallallahu alaihi wa sallam, kata Aisyah, "Aku mengerik mani itu dari baju Rasulullahshallallahu alaihi wa sallam."(HR. Muslim 288, Nasai 296, dan yang lainnya).

Yang dipahami dari hadis ini (sebagaimana keterangan Ibnu Qudamah di atas),

Mani yang ada di baju Nabishallallahu alaihi wa sallamadalah bekas hubungan badan, dan bukan mani mimpi basah. Karena para nabi tidak mengalami mimpi basah.

Karena mani itu bekas dari hubungan badan, bisa dipastikan cairan yang nempel di situ bercampur dengan cairan yang ada di farji wanita.

Aisyahradhiyallahu anha mengeriknya, dan yang namanya mengerik bisa dipastikan tidak akan bersih sempurna.

Kedua, hadis Ustman bin Affan.

Dulu, orang yang melakukan hubungan badan, namun tidak sampai keluar mani, tidak diwajibkan mandi junub. Namun cukup berwudhu.

Zaid bin Khalid pernah bertanya kepada Utsman bin Affan, Apa hukumnya orang yang berhubungan, tapi tidak keluar mani?" Jawab Utsman, "Dia berwudhu dengan sempurna dan dia cuci kemaluannya."Kata Utsman, Aku dengar dari Rasulullahshallallahu alaihi wa sallam. (HR. Bukhari 179 dan Muslim 347).

Yang dipahami dari hadis ini, orang yang berhubungan dan tidak orgasme, dia tidak wajib mandi, tapi cukup wudhu. Dan hukum ini telah dinasakh (dihapus) dengan hadis Abu Hurairah yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim

Adanya perintah mencuci kemaluan sehabis hubungan meskipun tidak keluar mani. Artinya itu perintah membersihkan cairan yang menempel di kemaluan karena hubungan badan.

Perintah mencuci kemaluan di situ tidak mansukh, hukumnya tetap berlaku. [mozaik.inilah.com ]