Pesan Pjs Bupati Tasikmalaya di Hari Pahlawan 2020, 'Semangat Perjuangan Jangan Surut'

Pesan Pjs Bupati Tasikmalaya di Hari Pahlawan 2020, 'Semangat Perjuangan Jangan Surut'
Pjs Bupati Tasikmalaya Dr. Hening Widiatmoko, MA. bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke - 75 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya di Halaman Sekretariat Daerah Kab. Tasikmalaya, Selasa (10/11/2020). (Istimewa)

INILAH, Singaparna – Pjs Bupati Tasikmalaya Dr. Hening Widiatmoko, MA. bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke - 75 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya di Halaman Sekretariat Daerah Kab. Tasikmalaya, Selasa (10/11/2020). Turut Hadir Forkopimda Kab Tasikmalaya, Ketua DPRD Kab Tasikmalaya, Kepala SKPD dan tamu undangan lainnya.

Widiatmoko mengatakan Peringatan Hari Pahlawan sebagai momen bersejarah yang memberikan makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Peristiwa tersebut memberikan kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan, melainkan politik harapan, bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasannya tidak akan menyurutkan semangat perjuangan,” ujarnya.

Selain itu, Widiatmoko mengajak untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan, dan pendiri Republik Indonesia. Sebab karena perjuangan mereka, bangsa Indonesia bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

Peringatan Hari Pahlawan kali ini mengambil tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Tema ini merupakan momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan Kusuma Bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia,” tuturnya.

Melalui momentum peringatan hari pahlawan 10 November ini kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri, serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa, pungkasnya.
-
Pada momentum hari Pahlawan tahun ini, Pemerintah Daerah Kab. Tasikmalaya memberikan cinderamata kepada Organisasi Perjuangan di Kab. Tasikmalaya, serta menerima penghargaan yang diberikan oleh Menteri Dalam Negeri kepada Pemda Kab. Tasikmalaya atas Prestasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan skor 3.3149 dan status Kinerja Sangat tinggi berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2018 serta turut diserahkan pula piagam penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan di wilayah Kab. Tasikmalaya. (*)