Satgas Covid-19 Kecamatan Sumber Cirebon Razia Masker

Satgas Covid-19 Kecamatan Sumber Cirebon Razia Masker
istimewa

INILAH, Cirebon -Razia pendisiplinan penegakan hukum dan protokol kesehatan Covid-19 ditingkat desa dan kelurahan masih terus berlanjut. Kali ini, razia masker dilakukan di wilayah Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (17/11/2020)

Tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI, Polri, aparat pemerintahan kecamatan dan aparat kelurahan serta dinas kesehatan memberhentikan satu per satu warga yang kedapatan tidak mengenakan masker. Hasilnya, sebanyak 52 warga terjaring operasi karena tidak memakai masker.

"Warga yang terjaring razia mayoritas warga sekitar Kelurahan Sendang. Mereka beralasan tidak memakai masker karena lupa, terburu-buru, tidak terbawa dan lain sebagainya atau biasa alasan klasik," kata Camat Sumber, Iman Santoso.

Menurut Iman, secara umum memang sudah ada kesadaran masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan, utamanya memakai masker saat berada di luar rumah. Namun, diakui Iman kesadaran masyarakat dalam penerapan Prokes dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini masih belum baik. 

"Sosialisasi yang kita lakukan tidak berhenti, dengan binaan masing-masing baik kecamatan, polsek dan koramil," kata Iman.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Cirebon, Mochamad Syafrudin menjelaskan, sejak awal penerapan razia masker tingkat desa di 412 desa dan 12 kelurahan, sudah lebih dari 5000 warga yang terjaring. 

"Kelihatannya memang harus terus dilakukan upaya pendisiplinan ini, karena masyarakat sejak adanya Covid-19 semakin merasa ada titik jenuh. Sehingga mereka ada yang mengabaikan," ungkap Syafrudin.

Menurutnya, penerapan sanksi bagi pelanggar masih sama, yakni hanya sebatas teguran lisan dan sanksi sosial menghafal pancasila dan membersihkan fasilitas umum. 

"Untuk sanksi masih sama, cuma cenderung ada edukasinya untuk disampaikan kepada yang lain. Dan kami dari Satpol PP akan tetap lakukan pendisiplinan bersama rekan teritorial ditingkat kecamatan," paparnya.

Dia menambahkan,  operasi tersebut juga akan berisikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya melaksanakan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker saat di luar rumah, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan orang banyak (3M). (maman suharman)