Pasien Meninggal karena Covid-19 di Kota Bandung Mayoritas Lansia

Pasien Meninggal karena Covid-19 di Kota Bandung Mayoritas Lansia
Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Royse Arosdiana . (Yogo Triastopo)

INILAH, Bandung - Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Royse Arosdiana mengatakan mayoritas warga yang meninggal akibat Covid-19 adalah berusia lanjut atau lansia. 

"Rata-rata umur lansia. Saya masih ingat kisaran antara usia 59 sampai 70 dan 80 tahun dengan penyakit penyerta tidak menular. Terbanyak adalah memiliki penyakit diabetes," kata Royse di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Selasa (17/11/2020).

Menurutnya, berdasarkan data pusat informasi Covid-19. Angka kasus Covid-19 kumulatif mencapai 2.490 kasus, 298 kasus aktif, 2.089 kasus sembuh. Sambung dia, kasus Covid-19 usia kurang dari lima tahun sebanyak 59 anak, usia enam sampai 19 tahun sebanyak 185 orang.

"Tetapi rata-rata sudah sembuh semua, kesembuhan di kita juga cukup bagus, dari 2.490 kasus positif yang sembuh 2.089 kasus. 89 mendekati 90 persen," ucapnya.

Dia menyebut, mayoritas anak yang terpapar Covid-19 disebabkan kontak erat dengan anggota keluarga yang banyak berkegiatan di luar rumah. Kondisi tersebut harus dipahami masyarakat yang masih berkegiatan di luar rumah untuk menerapkan protokol kesehatan.

Ditambahkan Royse, delapan bulan pandemi Covid-19 masyarakat sudah mulai merasa bosan dan lelah dengan kondisi tersebut. Namun begitu, dia mengatakan masyarakat untuk tetap waspada serta tidak abai menjalankan protokol kesehatan. 

Diketahui, kematian akibat penyakit Covid-19 di Kota Bandung hingga Senin (16/11/2020) tercatat di data pusat informasi Covid-19 mencapai 103 kasus. Mayoritas warga yang meninggal berusia lanjut atau lansia yang memiliki penyakit penyerta diabetes. (Yogo Triastopo)