Kota Bogor Mulai Seleksi Peserta Uji Coba Vaksin

Kota Bogor Mulai Seleksi Peserta Uji Coba Vaksin
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Usai simulasi vaksinasi di Puskesmas Tanah Sareal, Pemkot Bogor segera melakukan seleksi warga yang akan mengikuti uji coba vaksin. Bidikannya, kurang lebih sekitar 350 orang. 

Untuk peserta vaksin ini diutamakan para tenaga kesehatan (nakes), petugas laboratorium, petugas pemulasaraan jenazah, sopir ambulans, penggali kubur dan petugas-petugas yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Kota Bogor. Saat simulasi hadir beberapa orang yang terdiri dari aparatur sipil negara (ASN) dan personel TNI. 

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, pelaksanaan simulasi vaksinasi tersebut merupakan bagian dari persiapan jelang uji coba vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah pusat. Dari empat titik yang ditentukan, salah satunya Puskesmas Tanah Sareal. 

"Untuk simulasi harus dipetakan dahulu siapa saja yang menerima vaksin. Untuk tahap pertama, pemerintah pusat akan melakukan uji coba di empat titik yakni rumah sakit di Badung Bali, RSPI Sulianti Saroso Jakarta, di Ambon, dan Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor. Pemilihan Puskesmas Tanah Sareal sebagai salah satu lokasi uji coba vaksinasi merupakan suatu kehormatan bagi Kota Bogor," ungkap Dedie kepada wartawan, Selasa (17/11/2020).

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno menerangkan sasaran vaksin adalah orang yang berusia 18-59 tahun dengan estimasi 60 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Kota Bogor, kurang lebih ada 660 ribu sasaran. Kemudian dari jumlah tersebut akan diskrining kembali. 

"Yang tidak boleh diantaranya ibu hamil, yang memiliki komorbid. Ada sasaran prioritas juga, selain nakes, ada TNI/Polri dan pendidik. Untuk sasaran berikutnya adalah Satpol PP, ASN, PBI dan yang lainnya," ungkap Retno. (Rizki Mauludi)