Italia vs Bosnia-Herzegovina, Misi Lolos Azzurri

Italia vs Bosnia-Herzegovina,  Misi Lolos Azzurri
Ilustrasi/Net

ITALIA butuh kemenangan untuk lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020. Bosnia-Herzegovina jadi tantangan besar Gli Azzurri.

Italia bertandang ke markas Bosnia-Herzegovina, Stadion Grbavica, Sarajevo, Kamis (19/11) dini hari WIB. "Kami dalam mentalitas terbaik untuk memastikan tempat di semifinal," ujar gelandang Jorginho dilansir Goal.

Italia masih di puncak klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin. Sedangkan Bosnia—yang tanpa kemenangan dalam lima laga fase grup—harus mendekam di peringkat terbawah dengan dua poin.

Italia memang butuh kemenangan untuk mengamankan tempat di semifinal. Seapes-apesnya, Azzurri tetap melaju dengan hasil imbang andai Belanda—yang menempati urutan kedua—gagal menang atas Polandia.

"Kami tak mau mengambil risiko. Saya pikir kemenangan tetap menjadi hasil yang realistis bagi kami," lanjut Jorginho.

Pada laga ini, Italia masih akan dipimpin asisten pelatih Alberigo Evani. Soalnya, sang juru taktik kepala, Roberto Mancini, masih dalam masa karantina mandiri pasca-dinyatakan positif terjangkit virus corona, 7 November lalu.

Didampingi Alberigo Evani, Italia tetap tampil trengginas. Terakhir mereka menang dua gol  melawan Polandia. Yang menarik, Italia benar-benar menampilkan sepakbola menyerang di laga itu.

Evani mengakui dirinya tak sama sekali mengubah patron yang ditinggalkan Mancini. Dia memastikan Italia akan memegang kendali serangan ketika meladeni Bosnia-Herzegovina.

“Kami tetap setia pada prinsip sepak bola menyerang kami. Roberto [Mancini] telah melatihnya selama dua tahun dan ketika Anda terus bermain seperti ini, dalam jangka panjang, Anda diberi penghargaan. Kami harus sedikit lebih efisien di depan, tetapi keseluruhan kinerjanya bagus,” jelasnya.

Evani meminta para pemainnya untuk tampil all out. Dia ogah, Jorginho dan kawan-kawan meremehkan kekuatan Bosnia-Herzegovina.

“Ini adalah budaya kami, orang Italia memberikan yang terbaik pada saat-saat sulit dan menjadi lebih bersatu. Itu yang saya minta dari para pemain sebelum pertandingan dan mereka luar biasa,” tandasnya.

Sementara itu Dušan Bajević meminta timnya mengerahkan kemampuan terbaik untuk mengimbangi kekuatan Italia.

"Kami akan menghadapi tim terbaik di grup ini. Saya rasa, akan sangat penting bagi kami untuk meraih hasil bagus," lugasnya. (bsf)

 

HEAD TO HEAD

04/09/20: Italia 1-1 Bosnia

15/11/19: Bosnia 0-3 Italia

11/06/19: Italia 2-1 Bosnia

 

LIMA LAGA TERAKHIR BOSNIA

15/11/20: Belanda 3-1 Bosnia

14/10/20: Polandia 3-0 Bosnia

11/10/20: Bosnia 0-0 Belanda

07/09/20: Bosnia 1-2 Polandia

 

LIMA LAGA TERAKHIR ITALIA

15/11/20: Italia 2-0 Polandia

14/10/20: Italia 1-1 Belanda

11/10/20: Polandia 0-0 Italia

07/09/20: Belanda 0-1 Italia

 

PRAKIRAAN PEMAIN

Bosnia-Herzegovina (4-2-3-1)
Sehic (GK) Kolasinac, Sanicanin, Hadzikadun, Cipetic (B) Cimirot, Pjanic (cdm) krunic, Gojak, Visca (T) Hodzic (D)

Pelatih: Dusan Bajevic

Italia (4-3-3)

Donnaruma (GK) D'Ambrosio, Acerbi, Bastoni, Emerson (B) Barella, Jorginho, Locatelli (T) Berardi, Belotti, Insigne (D)

Pelatih: Alberigo Evani