Jabar dan City of Glasgow College Teken LoI Pengembangan Vokasional Kemaritiman

Jabar dan City of Glasgow College Teken LoI Pengembangan Vokasional Kemaritiman
Humas Pemprov Jabar

INILAH, Bandung-Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar bersama British Embassy in Indonesia terus meningkatkan hubungan baik melalui program kerja sama, kali ini berupa pengembangan vokasional bidang kemaritiman antara Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar dan City of Glasgow College. 

Pernyataan Kehendak atau Letter of Intent (LoI) secara virtual ditandatangani Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Vice Principal Business Development and Innovation City of Glasgow College Roy Gardner dari tempat masing-masing pada Rabu (18/11/20), juga disaksikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins. 

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menjelaskan, Pemda Provinsi Jabar mengharapkan setidaknya tiga manfaat atas kerja sama dengan City of Glasgow College ini. 

Pertama, kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan kurikulum vokasional industri dan teknologi maritim. 

"Kedua, ada transfer of knowledge (pertukaran pengetahuan) di bidang maritim, sains, dan teknologi. Ketiga, kami berharap Anda bisa membantu kami meningkatkan kapasitas mengajar SMK terkait kemaritiman," ucap Kang Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (18/11). 

Kang Emil menambahkan, kerja sama di bidang vokasi kemaritiman bersama City of Glasgow College juga dilakukan untuk menyokong kesiapan terhadap Rebana Metropolitan, kawasan masa depan ekonomi di Jabar. 

Nantinya, salah satu dari 13 kota baru di Rebana Metropolitan adalah Patimban Maritime City, yang juga akan didukung oleh hadirnya Pelabuhan Patimban di kawasan tersebut. Kang Emil pun berjanji akan mencarikan lokasi terbaik bagi City of Glasgow College di Patimban City. 

"Kita akan mereplikasi sistem vokasional kemaritiman di City of Glasgow College pada SMK maritim yang akan dibangun di Patimban City," tutur Kang Emil. 

"City of Patimban ini dalam proses perencanaan, akan menjadi rumah bagi satu juta orang dengan konsep live, work, and play. Selain pelabuhan, ada green zone, housing zone, dan lainnya," katanya. 

Adapun dipilihnya City of Glasgow College
sebagai mitra tidak lepas dari predikatnya sebagai salah satu sekolah vokasi terbaik dunia, terutama dalam bidang pendidikan kemaritiman. 

Selain itu, kerja sama ini sesuai Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 68 Tahun 2019 tentang Revitalisasi SMK di Jawa Barat untuk mengembangkan kurikulum untuk menyelaraskan antara industri dan SMK. Kerja sama juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Kang Emil ke Inggris pada 2019. 

Pengembangan Pelabuhan Patimban pun membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan siap bersaing secara global, sehingga Kang Emil berharap kerja sama dengan City of Glasgow College akan meningkatkan kemampuan SDM Jabar dengan kurikulum yang tepat guna mendukung kebutuhan SDM Patimban. 

"Saat ini Patimban City sedang dalam proses dan Pelabuhan Patimban tahap satu akan diresmikan Presiden bulan depan, kami harus menyiapkan SDM untuk mendukungnya," ujar Kang Emil. 

Menurut Vice Principal Business Development and Innovation City of Glasgow College Roy Gardner, pihaknya telah membentuk tim khusus ahli kemaritiman untuk bekerja membantu edukasi di Indonesia, khususnya Jabar. 

"Indonesia adalah tempat yang spesial bagi kami. Terima kasih atas kesempatan untuk bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar," ucap Roy. 

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan, kerja sama ini baik untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara. 

"Indonesia dan negara kami sama-sama memiliki maritim yang luar biasa. Dengan keunggulan kemaritiman kedua negara, kita harus memanfaatkan hal itu, termasuk dengan kerja sama hari ini yaitu dengan City of Glasgow College," kata Owen. 

"British Embassy juga fokus kepada pengembangan skill kemaritiman, untuk memastikan SDM Indonesia siap menghadapi masa depan. Pengembangan skill juga krusial jika Indonesia ingin bangkit dari pandemi global COVID-19," tambahnya. 

Owen menegaskan, pihaknya juga berkomitmen meningkatkan kemampuan guru, staf pengajar, termasuk siswa, untuk bantu meningkatkan kurikulum dan lulusan vokasional di Jabar agar bisa memenuhi kebutuhan masa depan. 

"Saya senang City of Glasgow College bisa bekerja sama dengan kalian. Karena itu adalah salah satu vokasional terbaik, terutama untuk kemaritiman," ucap Owen. 

Kerja sama pengembangan vokasional kemaritiman antara Pemda Provinsi Jabar dan City of Glasgow College dikhususkan bagi SMK Negeri 1 Mundu Cirebon dan SMK-SMK kemaritiman yang ada di Jabar. 

Kegiatan ini dilaksanakan bagi para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, pembina untuk pendidikan vokasi bidang kemaritiman serta peserta didik SMK bidang kemaritiman agar lebih adaptif terhadap dunia kerja dan industri bidang kemaritiman serta meningkatkan kompetensi peserta didik bidang kemaritiman sesuai Standar International Maritime Organisation (IMO).