Kegiatan HRS di Megamendung, Polisi Minta Keterangan Ridwan Kamil

Kegiatan HRS di Megamendung, Polisi Minta Keterangan Ridwan Kamil
istimewa

INILAH, Bandung - Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago menyebutkan, pemeriksaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan dilakukan di Bareskrim Mabes Polri, Jumat (19/11/2020).

Sang Gubernur akan diperiksa terkait pengetahuannya tentang perizinan kegiatan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Megamendung, Bogor.

"Penyelidikan ini ini akan meliputi sejauh mana proses terselenggaranya kegiatan tersebut (megamendung). Ya, proses terselenggaranya kegiatan tersebut," ucap Erdi saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Kamis (19/11/2020).

"Oleh karena itu memang pejabat pemerintah setempat kita mintakan klarifikasinya, mungkin ijinnya, kemudian bagaimana satuan tugas gugus covid nya, apakah memonitor atau tidak, sampai ke pejabat yang terendah rt-rw bahkan babinkamtibmas akan kita minta keterangan," sambungnya.

Erdi menyebutkan, selain terdapat pelanggaran protokol kesehatan, kegiatan HRS juga dinilai membuat kemacetan panjang dan banyak aktivitas masyarakat yang terganggu.

"Karena pada kegiatan tersebut itu memang banyak acara-acara, yang dijalankan terkait peletakan batu pertama di pesantren bapak habib Rizieq di Megamendung, sehingga menimbulkan kemacetan," ungkap Erdi.

Meski begitu, Erdi menambahkan, kegiatan tersebut berjalan secara aman dan kondusif. Artinya, penyelidikan tersebut menitik beratkan pada pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 saja.

"Namun dengan adanya protokol kesehatan di situasi sekarang ini, kita melihat ada suatu pelanggaran yaitu masalah 3M, dari mencuci tangan, menjaga jarak, kemudian menggunakan masker," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)