Ratusan Atlet dan Pelatih Pelatda Jabar Jalani Swab Test

Ratusan Atlet dan Pelatih Pelatda Jabar Jalani Swab Test
Foto: Muhammad Ginanjar

INILAH, Bandung - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat gelar swab test di GOR TRi Lomba Juang, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (19/11/2020). Pesertanya merupakan atlet, pelatih dan mekanik tim Pelatda Jabar.
 
Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin mengatakan swab test ini merupakan tindak lanjut dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Tujuannya agar tim Pelatda Jabar bisa menjalankan masa persiapannya dengan baik. 

"Tahun ini saya sudah melaporkan kepada Gubernur untuk memohon dan meminta pelaksanaan swab dan Alhamdulillah terlaksana karena tujuannya untuk mengetahui sejauh mana tingkat imunisasi pelatih atlet dan pengurus yang ada di Jabar," kata Ahmad. 

Ahmad mengatakan swab test ini tidak hanya dilakukan di Bandung. Melainkan terbagi di Cipule, Karawang dengan total 835 atlet, 193 pelatih dan 14 mekanik. 

"Untuk yang di luar Bandung kita kumpulkan di Cipule karena kita tahu persis Cipule ini tempat tidur atlet sekaligus tempat latihan dan tidak boleh orang masuk ke dalam. Oleh karena itu kita datang kesana," tuturnya. 

Ahmad yakin para atletnya memiliki imun yang kuat untuk menangkal Covid-19. Sebab sejauh ini program latihan tetap dijalankan. 

"Saya tidak berharap atlet ini betul-betul tidak memiliki imun karena latihan masih tetap berjalan, kegiatan juga belum kurangi tapi porsi nya di sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Kita juga sudah terapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Wakil Ketua II KONI Jabar yang juga koordinator swab test, Yunyun Yudiana menambahkan protokol kesehatan itu meliputi banyak langkah. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan memakai masker di luar latihan.

"Protokol kesehatan di tempat latihan juga tentunya sudah dilakukan seperti pada umumnya anjuran dari pemerintah. Tempat latihan juga rutin dilakukan disinfektan. Kami KONI Jawa Barat berharap Covid-19 ini segera beres. Sehingga atlet bisa latihan rutin, intensitas latihan baik, dan ada kejuaraan," harap Yunyun. (Muhammad Ginanjar)