IMI Segera Terbitkan Regulasi Kegiatan Touring

IMI Segera Terbitkan Regulasi Kegiatan Touring
istimewa

INILAH, Jakarta - Ikatan Motor Indonesia (IMI) berencana untuk meluncurkan regulasi mengenai aturan berkendara secara massal atau kegiatan touring secara berkelompok pada 25 November mendatang.

Ketua Umum IMI Sadikin Aksa mengatakan, regulasi yang baru saja di finalisasi pada pekan lalu ini harus dipercepat mengingat banyaknya kejadian yang tidak baik pada saat melakukan kegiatan touring yang dilakukan oleh teman-teman komunitas.

"Regulasi ini sebenarnya akan kami launching itu pada tahun depan, dengan adanya kejadian yang waktu itu maka kami percepat menjadi 25 November mendatang," ungkapnya.

Dalam hal ini, regulasi yang akan segera diluncurkan tersebut juga bekerja sama dengan pihak yang berwajib, yakni Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dan juga Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Regulasi yang nantinya akan diterbitkan itu setidaknya mengatur kegiatan touring menjadi lebih aman dan juga nyaman selama perjalanan, karena terdapat anggota dari komunitas yang bertanggung jawab dan juga melakukan peninjauan rute sebelum kegiatan itu dimulai.

"Jadi kalau mau jalan, ada penanggung jawab dan harus ada juga yang survey. Jadi kalau contoh itu, sebelum jalan ada yang survei agar supaya semua pengendara tahu kondisi jalan yang akan dilalui. Jadi jangan asal bawa," tegas Sadikin.

"Kalau nantinya ada sesuatu hal yang tidak baik, dan mereka tidak mengikuti regulasi yang ada, jangan pernah salahkan IMI, karena kita hanya ingin merangkul komunitas," tambah dia.

Sadikin juga mengimbau jika nantinya sudah diterbitkan, para rider yang tergabung dalam komunitas agar bisa mengikuti regulasi yang ada untuk menciptakan perjalanan yang aman dan juga nyaman. (inilah.com)