Dieksekusi KPK, Herry Pulang ke Sukamiskin

Dieksekusi KPK, Herry Pulang ke Sukamiskin
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Herry Nurhayat akhirnya kembali ke Lapas Sukamiskin setelah dinyatakan keluar demi hukum dan divonis bersalah. Atas putusan Pengadilan Negeri PN Bandung, Herrry yang divonis empat tahun tidak mengajukan banding.

Seperti diketahui Herry Nurhayat divonis empat tahun pasca dinyatakan bersalah majelis hakim Tipikor Bandung lantaran menyelewengkan anggaran pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) Kota Bandung. 

Selain hukuman penjara, Herry juga dikenakan hukuman tambahan yakni membayar uang pengganti sebesar Rp1,4 miliar dengan ketentuan bila tidak dibayarkan dalam satu bulan, maka harta benda akan disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti. Bila hartanya tidak mencukupi, dipenjara satu tahun.

"Jaksa eksekusi KPK telah melaksanakan putusan pengadilan tindak pidana korupsi yang telah berkekuatan hukum tetap atas nama terpidana Herry Nurhayat," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (20/11/2020).

Herrry dieksekusi jaksa KPK setelah memutuskan menerima putusan majelis hakim, dan tidak mengajukan banding. Sebelumnya, atas putusan tersebut Herry mengajukan pikir-pikir, namun dari waktu 7 hari yang diberikan hakim akhirnya dia memutuskan untuk menerimanya. 

"Untuk menjalani pidana selama empat tahun dikurangi selama berada dalam tahanan di Lapas Sukamiskin," ujarnya. (Ahmad Sayuti)