KPU Kab Bandung Gelar Tes Usap untuk Ribuan KPPS dan Pengawas TPS

KPU Kab Bandung Gelar Tes Usap untuk Ribuan KPPS dan Pengawas TPS

INILAH, Bandung- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung akan melakukan pemeriksaan kesehatan rapid test dan swab test terhadap 70 ribu petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Pengawas TPS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana mengatakan, puluhan ribu orang petugas KPPS dan Pengawas TPS itu, akan diperiksa selama satu pekan mulai 25 november.

Salah satu hal yang menjadi perhatiannya adalah mencegah adanya penumpukan orang dalam satu tempat yang berisiko menyebarkan virus corona (covid-19).

"Kami menyusun rencana saat pemeriksaan kesehatan. Agar tidak terjadi penumpukan," kata Grace, Jumat (20/11/2020).

Pemeriksaan atau tes covid-19 terhadap petugas KPPS dan Pengawas TPS tersebut akan dilakukan di 62 Puskesmas di Kabupaten Bandung.

"Kami juga melakukan penjadwalan berdasarka desa," ujarnya.

Setiap desa dibagi lagi dalam waktu tertentu. Dengan menejemen waktu tersebut diharapkan tidak terjadi penumpukan orang dalam satu tempat dan waktu yang sama.

"Kami harapkan teman-teman KPPS dan Pengawas TPS untuk datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetepkan. Jangan datang terlambat atau datang bukan pada waktunya," katanya.

Selain bisa terjadi penumpukan, jika datang tidak sesuai jadwal dan waktu yang telah ditetapkan, akan berdampak juga kepada petugas pemeriksa.

Grace melanjutkan, pihaknya telah mengatur waktu dan sumber daya manusia seketat mungkin, sehingga apabila ada orang yang akan diperiksa datang  bukan pada jadawalnya akan berpengaruh terhadap menejemen waktu yang telah disiapkan.

"Teman-teman yang melakukan pemeriksaan itu mengenakan APD lenkap. Maksimal menggunakan APD itu hanya 4 jam. Kalau lebih kasian mereka," ujarnya.

Karena memang, petugas medis lebih dari 4 jam mengenakan APD akan berdampak pada kondisi fisik, karena selama APD dikenakan, petugas medis tidak diperkenankan makan, minum bahkan ke toilet, karena jika APD dilepas harus diganti dengan yang baru.(rd dani r nugraha).