Angka Kesembuhan Membaik, Dokter Ajak Masyarakat Jaga Imunitas Tubuh

Angka Kesembuhan Membaik, Dokter Ajak Masyarakat Jaga Imunitas Tubuh
ilustrasi/net

INILAH, Bandung - Juru Bicara Satgas Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia kini terus naik. Menurutnya, keseriusan pemerintah dalam meningkatkan rasio kesembuhan terlihat dari upaya percepatan persiapan vaksin Covid-19 dan pendistribusian obat penanganan ke seluruh negeri. 

"Recovery rate (rasio kesembuhan) dari seluruh total kasus Covid-19 mencapai 82,84%. Angka sembuh dan selesai isolasi Covid-19 meningkat dibandingkan sebelumnya, yaitu 80,51%," kata Reisa dalam rilis yang diterima, Jumat (20/11/2020). 

Dia mengatakan, kini pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengimbau masyarakat akan pentingnya pencegahan infeksi virus agar pandemi segera teratasi.

Pulihnya kesehatan diharapkan dapat memicu bangkitnya ekonomi nasional. Tingginya angka kesembuhan Covid-19 di dalam negeri menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara Asia Tenggara paling optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Khusus mengenai imunitas tubuh, Kepala Instalasi Gawat Darurat salah satu rumah sakit di Jakarta Gia Pratama Putra memaparkan pencegahan merupakan tindakan yang lebih krusial dilakukan dibandingkan pengobatan.

"Mengobati memang penting, namun mencegah lebih baik. Virus ini bisa kalah dengan daya tahan tubuh kita sendiri jika kita fokus menjaga diri dan kesehatan. Kuncinya adalah disiplin lakukan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) dan meningkatkan imunitas tubuh," jelasnya.

Menurutnya, ada tiga cara ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pertama, penuhi kebutuhan nutrisi yang cukup dan baik. Artinya, sayur dan buah wajib dikonsumsi setiap hari. Kedua, istirahat yang cukup. Penelitian terbaru mengatakan durasi tidur ideal adalah 6-7 jam. Tidur sebelum jam 11 malam dan bangun sebelum jam 5 pagi menjadi rutinitas jam tidur yang paling optimal. Terakhir, olahraga rutin harian. 

"Jangan sampai terlupa, karena ada banyak olahraga yang bisa dilakukan dalam rumah, tidak perlu ke lua," imbuhnya.

Selain patuh protokol 3M dan meningkatkan imunitas, hal lainnya yang juga penting dilakukan untuk meningkatkan tingkat kesembuhan ialah dengan melakukan deteksi dini. Upaya ini sangat membantu meringankan gejala Covid-19 agar penanganan tidak semakin berat di kemudian hari akibat menunda pemeriksaan. (Doni Ramdhani)