Pemkot Bandung Akan Kaji Kebijakan Belajar Tatap Muka 2021

Pemkot Bandung Akan Kaji Kebijakan Belajar Tatap Muka 2021
istimewa

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mengkaji kebijakan pemerintah pusat tentang keputusan membolehkan belajar tatap muka pada Januari 2021 atau tahun ajaran 2020/2021. 

 

 

Walikota Bandung Oded M Danial mengatakan, kajian akan segera dilakukan bersama gugus tugas penanganan Covid-19 dan Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda). 

 

 

"Saya insyaallah menyikapi, merespon kebijakan itu tentu kita harus kajian dan saya akan diskusi dengan pimpinan di Kota Bandung terutama bidang pendidikan supaya keputusan ada dasarnya," kata Oded pada Sabtu (21/11/2020). 

 

 

Menurutnya, tiap wilayah dan daerah memiliki kondisi yang berbeda dalam permasalahan penyebaran virus Corona. Karena itu, keputusan belajar tatap muka harus berdasarkan keputusan dari pemerintah daerah.

 

 

Sambung dia, kajian yang akan dilakukan turut membahas kesiapan sarana dan prasarana sekolah jika belajar tatap muka mulai diperbolehkan Januari mendatang. Selama delapan bulan pandemi Covid-19 berjalan tidak terdapat aktivitas di sekolah-sekolah. 

 

 

"Delapan bulan ditinggalkan harus dicek lagi, termasuk mengadakan rekonsiliasi mengkaji dulu," ucapnya. 

 

 

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengatakan dari 532 ribu satuan pendidikan baru 42,5 persen yang melaporkan tentang kesiapan pembelajaran tatap muka. Data ini berdasarkan pencatatan yang diterima Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

 

 

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Agus Sartono mengatakan penting bagi sekolah untuk melaporkan terkait persiapan pembelajaran. Sebab, pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 sekolah tatap muka menjadi kewenangan pemerintah daerah, dan salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kesiapan sekolah. (Yogo Triastopo)