Son Heung-Min sang Pembeda

Son Heung-Min sang Pembeda
Son Heung-Min

INILAH, London- Tottenham Hotspur harus kesulitan membobol gawang Borussia Dortmund di babak pertama. Untung, ada Heung-Min Son yang memecah kebuntuan.

Di Wembley Stadium, Kamis (14/2) dini hari WIB, Spurs mendapat perlawanan berarti dari Dortmund di babak pertama. Meski lebih banyak melakukan penguasaan bola, Spurs nyatanya kesulitan menembus barisan belakang Die Borussen.

Sedangkan tim tamu tercatat mendapat sejumlah peluang bagus lewat serangan balik cepat. Beruntung kiper Hugo Lloris mampu mematahkan tiga shots on target Dortmund.

Di babak kedua, Spurs langsung tancap gas di menit-menit awal. Hasilnya, skema umpan silang dari sisi lebar lapangan menjadi awal terciptanya gol Son Heung-min yang meneruskan umpan Jan Vertonghen di menit ke-47.

Usai gol tersebut, Spurs seperti menemukan kepercayaan diri. Tekanan demi tekanan dilancarkan tuan rumah, hasilnya The Lily White menggandakan skor di menit ke-83, kali Vertonghen yang mencatatkan namanya di papan skor. Fernando Llorente yang masuk di babak kedua mengunci kemenangan 3-0 Spurs berkat golnya di menit ke-86.

"Babak kedua yang luar biasa. Di babak pertama sangat sulit sejak awal. Kami kesulitan menemukan posisi terbaik baik di kedua arah," ujar Pochettino usai laga.

"(Di babak kedua) tim memulainya dengan nyaman, kemudian kami mencetak gol. Dan setelah itu kami bermain dengan lebih percaya diri," ia menambahkan.

Dengan kemenangan tersebut peluang Spurs melaju ke perempatfinal terbilang besar, mereka hanya perlu mengincar hasil imbang di leg kedua yang akan dimainkan di Signal Iduna Park pada 5 Maret mendatang.

"Selalu saja saat kami berjumpa Dortmund di kompetisi ini, situasinya selalu sulit. Masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan."

Ini sekaligus memperpanjang catatan Spurs yang selalu menang dalam tiga pertemuan terakhir di Liga Champions Eropa. Di musim 2017-28, Spurs dua kali mengalahkan Dortmund di fase grup.

"Hari ini saya sangat senang dengan penampilan para pemain," ia memungkasi.