Kakang Rudianto Enjoy Bersama Timnas U-19

Kakang Rudianto Enjoy Bersama Timnas U-19
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Bek muda Persib Bandung, Kakang Rudianto akui merasa nyaman menjalani pemusatan latihan (TC) bersama tim nasional U-19 di Jakarta.

Padahal Kakang merupakan pemain yang baru dipanggil untuk bergabung dengan timnas U-19 sejak 5 November lalu atau saat pertama kali TC secara virtual dilakukan. 

"Awalnya sempat merasa sulit karena latihan sangat berat dengan intensitas tinggi. Tapi, semakin ke sini, saya sudah mulai bisa mengikuti dan enjoy berlatih," ungkap Kakang dilansir laman resmi Persib. 

Saat ini Kakang berada di Jakarta menjalani TC bersama timnas U-19. Namun hingga kini, Garuda Muda belum ditangani secara langsung oleh pelatih Shin Tae-yong. 

"Belum bertemu dengan pelatih Shin Tae-yong. Kami masih dipimpin coach Nova Arianto dan asisten lainnya," kata Kakang.

Pemain yang baru dipromosikan Persib musim ini pun berharap bisa segera bertemu dengan Shin Tae-yong. Dia ingin merasakan dilatih secara langsung oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut. 

"Semoga dalam waktu dekat ini kami bisa dilatih langsung sama coach Shin Tae Yong," harapnya.

Shin tae-yong sendiri dikabarkan akan segera menangani timnas U-19 pada awal Desember mendatang. Sebab saat ini, pelatih berusia 51 tahun itu masih menikmati waktu liburnya di negara asalnya Korea Selatan. 

"Tanggal 1 Desember dia kembali paling telat," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. 

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini memaklumi keputusan Shin Tae-yong yang mudik ke Korea Selatan hampir satu bulan lamanya. Sebab, dia sudah beberapa bulan meninggalkan keluarganya untuk memimpin TC timnas U-19 baik di Tanah Air maupun Kroasia.

"Tiap hari mereka monitor. Sekarang latihan tetap dimonitor melalui video langsung sampai ke dia secara real time. Sehingga mereka bisa mengevaluasi latihan," imbuh Iwan Bule.

Setelah menjalani TC di Jakarta, timnas U-19 berencana menggelar TC di luar negeri. Negara yang jadi tujuan skuat Garuda Muda antara Spanyol atau Korea Selatan. (Muhammad Ginanjar)