Pemkot Bandung Dukung Pengembangan KSM Binaan

Pemkot Bandung Dukung Pengembangan KSM Binaan
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Guna meningkatkan sektor perekonomian, Pemkot Bandung tak bisa bekerja sendiri. Perlu ada dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk menggerakannya.

Termasuk juga dukungan dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) melalui program Business Development Center (BDC). Terlebih tujuan program BDC adalah untuk mengembangkan KSM produktif di kawasan kumuh Perkotaan.

"Ini dapat meningkatkan daya beli sekaligus pendapatan keluarga KSM dengan daya saing usaha yang potensial," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Selasa (24/11/2020).

Diketahui, Kota Bandung mendapatkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) dan Program Peningkatan Mata Pencaharuan Keluarga (PPMK).

Menurutnya, Pemkot Bandung memiliki peran yang strategis. Pemkot Bandung dapat menumbuhkembangkan KSM agar menjadi produk unggulan Kota.

“Secara ideal hubungan Pemda dengan pengelola BDC beserta usaha KSM itu bersifat mutualistik. Pemerintah sebagai fasilitator dalam memberikan dukungan pengembangan kapasitas BDC dan Usaha KSM dapat menghasilkan umpan balik berupa peningkatan kinerja perekonomian daerah," ucapnya. 

Dia berharap, dengan kegiatan hari ini dapat melahirkan rumusan strategis dalam pengembangan BDC ke depan di Kota Bandung.

“Saya ucapkan terimakasih kepada kepengurusan Komite BDC periode tahun 2017-2020 atas kinerjanya dan selamat atas terpilihnya kepengurusan baru periode 2020-2023 agar dapat melanjutkan dan mengembangkan program BDC ke depan,” ujar dia. (Yogo Triastopo)