Eks Gedung DPRD Tetap Jadi Perpustakaan dan Mini Teater Kota Bogor

Eks Gedung DPRD Tetap Jadi Perpustakaan dan Mini Teater Kota Bogor
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Rizki Mauludi)

INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor bersama kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Bogor Agung Prihatno meninjau gedung eks DPRD Kota Bogor di jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Selasa (24/11/2020) siang WIB. Gedung tersebut akan dijadikan gedung perpustakaan daerah yang direncanakan pembangunan tahun 2021 mendatang.

Pantauan di lapangan Bima juga didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Atep Budiman, Kasatpol PP Agustian Syach, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Rudiyana dan Kabag Umum Setda Kota Bogor Yadi Cahyadi. Setiap bangunan ditinjau Bima dan terlihat bangun masih layak.

"Ini tetap sesuai dengan rencana yaitu membangun gedung perpustakaan. Tahun depan mudah-mudahan disepakati bersama oleh Dewan untuk memulai gedung perpustakaan," ungkap Bima kepada wartawan usai peninjauan.

Bima melanjutkan, untuk anggaran pembangunan gedung perpustakaan itu masih sekitar Rp14 miliar sampai Rp 15 miliar.

"Nilai masih sekitar segitu Rp14 miliar atau Rp15 miliar lah," tambahnya.

Bima menjelaskan, nanti disana selain tempat buku-buku untuk dibaca, ada kegiatan-kegiatan komunitas, kemudian command center. Jadi nanti untuk memonitor kota bisa dari situ, ada satu ruangan disitu. 

"Jadi di CCTV kota pusatnya di situ, karena selama ini belum ada. Jadi selain gedung perpustakaan arahnya ada command center dan juga ada kafe taria di sana," jelasnya.

Bima juga menerangkan, untuk struktur tetap, tidak ada perubahan berati hanya ada sedikit renovasi dan dipoles saja.

"Sedangkan untuk bekas ruang paripurna akan dijadikan ruang mini theatre, jadi kalo tamu-tamu datang bisa disuguhi dengan video-video tentang Kota Bogor disitu," pungkasnya.