HGN: Guru Harus Melek Teknologi Informasi

HGN: Guru Harus Melek Teknologi Informasi

INILAH, Bandung - Hari Guru Nasional (HGN) adalah hari sangat istimewa bagi seluruh guru di Indonesia. Baik guru PAUD, SLB, TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Guru ini menjadi ujung tombak pendidikan bagi seluruh masyarakat.

"Saya ucapkan selamat kepada bapak/ibu guru yang sangat mulia dan berharga yang kami cintai. Mudah-mudahan di tahun ini guru semakin sejahtera, semakin bahagia, sehat, semangat. Itu harapan kami kedepan, kata Ketua PGRI Jawa Barat, Dede Amar, Rabu (25/11/2020).

Dia mengatakan di tengah pandemi seperti ini, peran guru menjadi sangat penting bagi seluruh siswa. Seorang guru harus bisa mengajarkan siswa-siswinya dengan baik dan benar, apalagi siswa yang anak berkebutuhan khusus, salah satunya Sekolah Luar Biasa (SLB).

Menurut dia, di masa pandemi ini, seorang guru merasa tidak puas dengan pembelajarannya. Misalnya, guru tidak bisa secara tatap muka dengan siswa, tidak bisa menyampaikan tentang karakter, tidak bisa memberikan percontohan yang baik dan lain sebagainya.

"Kalau sekarang ini kan memang susah. Seorang guru harus menggunakan daring dan teknologi informasi, mungkin ada guru yang teknologi informasinya kurang, makanya guru harus dipacu mengikuti perkembangan, dan sarana dan prasarananya harus memadai, baik di sekolah maupun pribadi, jadi ini harus diperhatikan. Makanya kami mendorong kepada pemerintah bisa memperhatikan tentang teknologi informasi, termasuk juga kuota dan pulsanya," papar Dede. (Okky Adiana)