Perbaiki Jalan di Jalur Selatan, KBB Gelontorkan Rp280 Miliar

Perbaiki Jalan di Jalur Selatan, KBB Gelontorkan Rp280 Miliar
ilustrasi/net

INILAH, Ngamprah - Pemkab Bandung Barat akan menggelontorkan Rp280 miliar lebih untuk perbaikan insfratruktur jalan di jalur selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Rencananya, perbaikan jalan dengan sistem beton akan dimulai pada awal 2021 mendatang.

"Yang saya tahu total nilainya kurang lebih Rp280 miliar. PUPR sekarang tengah mempersiapkan secara teknis," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bandung Barat Maman Sulaeman, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya, ruas jalan yang jadi fokus perbaikan itu yakni Selacau-Cililin, Cililin-Sindangkerta, Sindangkerta-Celak, Celak-Gununghalu, Bunijaya-Cilangari serta beberapa ruas jalan lainnya yang nilainya di atas Rp30 miliar per ruas jalan.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara, lanjut Maman sudah memerintahkan agar pemenang tender sudah ada di akhir bulan ini. Dengan demikian, Januari 2021 pengerjaan jalan sudah bisa dimulai. 

Tidak hanya perbaikin insfratruktur jalan, beberapa jembatan pun akan diperbaiki. Bahkan, rencananya ruas jalan di jalur selatan juga akan diperlebar menjadi 8 meter.

"Untuk wilayah selatan nanti, tidak ada lagi legok batu. Karena nilainya juga tinggi, kondisi jalannya harus berkualitas, dibeton,"  ujarnya.

Untuk pelebaran jalan ini, pihaknya mengajak warga yang memiliki lahan lebih untuk dihibahkan ke pemerintah KBB. Begitu juga apabila ada ASN atau aparatur negara yang memiliki lahan di sepanjang jalur selatan. 

"Karena gini, dengan sarana prasarana diperbaiki, jalan bagus, otomatis nilai ekonominya akan naik. Disana kan ada Curug Malela, ada beberapa wisata baru yang bisa menghasilkan PAD," ujarnya. (Ahmad Sayuti)