Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Kota Bandung Telah Mencapai 90 Persen

Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Kota Bandung Telah Mencapai 90 Persen
istimewa

INILAH, Bandung - Keterisian tempat tidur pasien Covid-19 rumah sakit di Kota Bandung telah mencapai lebih dari 90 persen. Selain itu, positivity rate atau transmisi kecepatan penyebaran covid-19 mengalami kenaikan signifikan mencapai 21,53 persen.

 

 

"Positivity rate dihadapkan tempat tidur di angka 90,37 persen, dari 789 tempat tidur terisi 730 unit sisanya waiting list, jadi ini masuk ke situasi yang cukup darurat," kata Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna pada Kamis (26/11/2020). 

 

 

Menurutnya, ruang isolasi bagi pasien orang tanpa gejala (OTG) pada dua hotel yang telah disiapkan pemerintah pun sudah penuh. Hasil pencatatan, kasus positif Covid-19 aktif harian kini telah mencapai puluhan. 

 

 

"Kami merasa khawatir dulu angka (positif) 132 sekarang 484, karena lompatan kasus harian puluhan 50, 60 makanya terjadi percepatan makanya positivity rate tinggi," ucapnya.

 

 

Dia pun mengingatkan para pelaku usaha di sektor usaha yang direlaksasi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti kapasitas pengunjung yang hanya boleh 50 persen. Selain itu serta jam operasional yang sudah ditentukan. 

 

 

"Jangan cari alasan lain, kondisi pandemi meningkat, rekomendasi (kasus meningkat) revisi perwal, dibatasi operasional dan yang melanggar dicabut izin operasional," ujar dia. 

 

 

Ema kembali mengimbau agar masyarakat yang keluar rumah dan beraktivitas di lingkungan sekitar tetap memakai masker. Dia khawatir, secara psikologis terjadi kepanikan karena penuhnya tempat tidur pasien. 

 

 

"Saya khawatir secara psikologi bisa chaos, kepanikan, karena yang terpapar enggak bisa masuk ke rumah sakit karena penuh makanya saya minta disiplin," tandasnya. (Yogo Triastopo)