Unpad Peringkat 3 PTN Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

Unpad Peringkat 3 PTN Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020
istimewa

INILAH, Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih peringkat tiga sebagai Perguruan Tinggi Negeri kategori “Informatif” pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 yang digelar Komisi Informasi Pusat RI. Pengumuman anugerah dilakukan secara virtual.

Unpad meraih poin sebesar 94,03 dan berhasil menempati peringkat ketiga setelah Universitas Gadjah Mada pada peringkat pertama dan Universitas Brawijaya pada peringkat kedua. Tahun ini, Unpad berhasil masuk kategori “Informatif” setelah sebelumnya berada pada kategori “Menuju Informatif” pada 2019.

“Ini adalah prestasi yang membanggakan. Loncatan ini menunjukkan bahwa publik bisa akses informasi dari Unpad,” ujar Rektor Unpad Rina Indiastuti, Kamis (26/11/2020).

Rektor menjelaskan, Unpad telah berkomitmen melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang diwujudkan dalam bentuk pelayanan keterbukaan informasi publik.

Hal ini menjadi indikator bahwa Unpad sebagai PTN Badan Hukum telah melaksanakan prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik. “Artinya kualitas pelayanan kita semakin baik dan dapat diakses,” imbuhnya.

Dengan perolehan kategori “Informatif” ini, Unpad semakin berkomitmen untuk menyediakan informasi yang bisa diakses pada publik disertai pelayanan dan pemeliharaan semangat good corporate governance.

“Kalau dipelihara, kita bisa cari inovasi untuk meraih peningkatan dari keterbukaan melalui kualitas informasi yang kita komitmenkan untuk diberikan kepada publik,” pungkas Rektor.

Acara penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2020 ini dihadiri langsung Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin secara virtual. Dalam sambutannya Wapres mengatakan, keterbukaan informasi publik merupakan hal strategis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan bebas korupsi.

Wapres juga mengapresiasi atas kinerja Badan Publik yang berhasil masuk pada kategori “Informatif”.

“Saya ucapkan selamat teruslah bertahan dalam visi untuk menjaga serta mengembangkan kualitas pelayanan publik agar semakin baik lagi,”kata Wapres.

Sebagai catatan, keseluruhan peringkat PTN “Informatif” pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 adalah Universitas Gadjah Mada (96,74), Universitas Brawijaya (95,53), Universitas Padjadjaran (94,03), Universitas Negeri Malang (93,00), Institut Pertanian Bogor (92,41), Universitas Lampung (91,75),Institut Teknologi Sepuluh Nopember (91,57), Universitas Udayana (91,53) dan Universitas Indonesia (90,18). (Okky Adiana)