SOR Watubelah Akan Digunakan Sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid-19

SOR Watubelah Akan Digunakan Sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid-19
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Sarana Olah Raga (SOR) Watubelah Sumber Kabupaten Cirebon akan digunakan sebagai tempat isolasi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya pasien. Penuhnya rumah sakit dan sulitnya mencari tempat membuat Pemkab memutuskan SOR Watubelah sebagai alternatif.

"Penggunaan SOR ini, sebagai salah satu bentuk antisipasi membeludaknya pasien Covid-19 yang harus mendapatkan perawatan medis. Kami punya tempat strategis, kenapa juga tidak digunakan," kata Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Kamis (26/11/2020).

Menurutnya, Pemkab Cirebon harus segera mengambil langkah strategis untuk menangani lonjakan Covid-19. Untuk itu penempatan SOR Watubelah menjadi salah satu langkah Pemkab menyelesaikan persoalan. Terkait masalah anggaran, pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno mengatakan penggunaan SOR ini sebagai salah satu bentuk antisipasi pemerintah, dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat, terutama pasien Covid-19. Dia menyebutkan, SOR Watubelah ini akan dikelola Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun. Namun, dirinya belum bisa memastikan kapan SOR itu akan mulai digunakan. 

"Karena akan dianalisa dulu kebutuhannya. Kalau sudah siap, baru dipergunakan," ujar Rahmat.

Menurutnya, Pemkab Cirebon juga mewacanakan untuk menempatkan warga yang OTG Covid-19, di SOR Watubelah. Alasannya, lonjakan  warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon ini salah satunya dari OTG. Mereka  masih berinteraksi dengan masyarakat lainnya. 

"Jadi rencananya, akan kita rawat. Agar tidak berinteraksi dengan yang lainnya," kata Rahmat. 

Sedangkan, Direktur RSUD Arjawinangun Bambang Sumardi menyebutkan tempat perawatan pasien Covid-19 kini kebutuhannya cukup mendesak. Untuk itu, perlu dilakukan penambahan tempat isolasi. Untuk RSUD Arjawinangun saat ini, sudah menambah tempat tidur, bagi pelayanan bagi penderita Covid019. Namun ternyata, masih ada yang masuk daftar tunggu.

"Rencananya, ada dua lokasi yang akan digunakan sebagai tempat isolasi, yaitu SOR Watubelah dan eks RSUD Arjawinangun. Namun kami fokus untuk bisa sesegera mungkin menggunakan SOR Watubelah. Karena untuk eks RSUD Arjawinangun, membutuhkan banyak perbaikan," tukasnya. (Maman Suharman)