JDIH Kabupaten Bandung Terbaik Nasional

JDIH Kabupaten Bandung Terbaik Nasional
istimewa

INILAH, Bandung - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung mendapatkan penghargaan sebagai pengelolaan Jaringan Data dan Informasi Hukum (JDIH) Terbaik kategori kabupaten tingkat nasional.

Penghargaan diterima Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kabupaten Bandung Ruly Hadiana dari Ketua Badan Perlindungan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Benny Riyanto di Aula Moedjono BPHN Jakarta Timur, Kamis (26/11/2020) kemarin.

“Alhamdulillah dengan diraihnya penghargaan ini, merupakan cermin keseriusan Pemkab Bandung dalam pembangunan sektor hukum. Kami senantiasa berinovasi dalam pelayanan produk dan informasi hukum, baik kepada masyarakat maupun  institusi secara mudah, cepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata RUly.

Beberapa inovasi mutakhir, kata Ruly, adalah dengan dibangunnya JDIH berbasis android. Selain itu juga telah diluncurkan sistem baru, yaitu Sabilulungan Elektronik-Produk Hukum (SAE-Prok).

“Dengan JDIH, masyarakat akan lebih mudah, cepat dan selalu up to date dalam mengakses informasi dokumen hukum resmi, dan ini bisa dilakukan tanpa membutuhkan biaya. Sementara dengan SAE-Prok, selain untuk terciptanya basis sistem data hukum, juga bertujuan untuk memudahkan standarisasi pembuatan hukum dan membantu staf agar bekerja lebih efektif dan efisien,”ujarnya.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan dalam rangka reformasi hukum, BPHN terus berinovasi mengembangkan basis data dokumen hukum yang konprehensif dan terintegrasi secara nasional.

“Melalui one gate JDIHN (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Nasional), masyarakat akan lebih terinformasikan dengan baik sehingga tidak termakan hoax. Untuk itu, saya mengajak seluruh anggota JDIHN untuk terus berpartisipasi aktif mengelola JDIH dan terus bekerjasama mengintegrasikan sistem dan basis data informasi dan dokumentasi hukum di lingkungan masing-masing dengan portal JDIHN.go.Id,” kata Yasona. (Dani R Nugraha)