Liga Prancis: Marseille Menang 3-1 atas Nantes untuk Naik ke Posisi Tiga

Liga Prancis: Marseille Menang 3-1 atas Nantes untuk Naik ke Posisi Tiga
Ilustrasi (antara)

INILAH, Bandung - Marseille menang 3-1 atas tamunya Nantes dalam pertandingan Liga Prancis pekan ke-12 di Stadion Velodrome, Sabtu, sekaligus mengantarkan pasukan Andre Villas-Boas naik ke posisi tiga klasemen sementara.

Kemenangan ini membuat Marseille mengumpulkan 21 poin atau tiga angka di bawah pemuncak klasemen Paris Saint-Germain yang baru bermain setelah mereka, demikian catatan resmi Liga Prancis.

Marseille berpotensi disalip oleh rival terdekat Lyon atau Monaco, namun mereka bakal memiliki surplus dua laga karena baru menuntaskan laga kesepuluhnya.

Tuan rumah yang sudah terdepak dari Liga Champions mengamuk dalam pertandingan kali ini dengan unggul cepat saat laga baru memasuki menit ke-2.

Menerima umpan terobosan Valentine Rongier, Florian Thauvin yang menerima bola langsung menyelesaikannya lewat sepakan kaki kiri yang tak bisa ditepis kiper.

Lima menit kemudian Marseille hampir menggandakan keunggulan lewat serangan bergelombang Michael Cuisance dan Dario Benedetto yang keduanya dimentahkan oleh kiper Alban Lafont.

Marseille harus menunggu hingga menit ke-35 untuk menggandakan keunggulan lewat aksi Dimitry Payet. Sepakannya kaki kanannya di dalam kotak penalti menembus pertahanan Nantes.

Nantes hampir saja memperkecil ketertinggalan ketika sundulan Abdoulaye Toure membentur mistar gawang.

Tuan rumah memperlebar keunggulan pada menit ke-60 lewat titik putih. Berawal dari tendangan bebas, bola terlihat menyentuh tangan Jean-Carles Castelleto di area terlarang. Dario Benedetto sukses mengonversi peluang emas ini menjadi gol.

Satu-satunya gol hiburan Nantes tercipta pada menit ke-73. Sepakan Ludovic Blas di luar kotak penalti menembus jantung pertahanan Marseille. Hingga bubaran skor 3-1 untuk kemenangan Marseille tetap bertahan.

Berikut susunan pemain:

Marseille (4-2-3-1): Steve Mandanda; Hiroki Sakai (Yuto Nagatomo); Alvaro Gonzalez, Duje Caleta-Car, Jordan Amavi; Boubacar Kamara, Valentin Rongier (Kevin Strootman); Dimitri Payet (Marley Ake), Florian Thauvin, Mickael Cuisanc; Dario Benedetto (Valere Germain).

Pelatih: Andre Villas-Boas

Nantes (4-2-3-1): Alban Lafont; Sebastien Corchia, Jean Castelleto (Andrei Girotto), Fabio, Nicolas Pallois; Abdoulaye Toure (Mendi Abeid), Pedro Chirivella; Imran Louza (Moses Simon), Ludovic Blas, Kader Bamba (Marcus Coco); Randal Muani (Jean-Kevin Augustin).

Pelatih: Christian Gourcuff

(antara)