Kemenpora dan PSSI Gelar Youth Fun Juggling Competition

Kemenpora dan PSSI Gelar Youth Fun Juggling Competition
Foto: Muhammad Ginanjar

INILAH, Bandung - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Sosialisasi Youth Fun Juggling Competition. Gelaran yang bekerjasama dengan PSSI ini berlangsung pada 28 November-14 Desember mendatang. 

Menpora Zainudin Amali mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi intruksi dari Presiden Nomor 3 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan sepak bola. 

"Nah ini berarti kita Kementerian olahraga PSSI, DPR dan berbagai stakeholder harus bersama-sama mengimplementasikan intruksi Presiden itu," ujar Zainudin Amali di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Sabtu (28/11/2020). 

Zainudin menuturkan bahwa sepak bola itu tidak hanya berupa pertandingan kompetisi di lapangan. Namun bisa juga dengan memperlihatkan aksi skill seperti juggling atau menimang bola ini. 

"Anak-anak sekarang untuk menumbuhkan minat dalam sepak bola di jalan ada juggling. Kita fasilitasi itu supaya anak-anak ini walaupun tidak bisa main di lapangan bisa menyalurkan hobinya dan ada kompetisinya," tuturnya.

Zainudin mengaku cukup kaget lantaran minat para pesepak bola usia muda ini cukup besar. Terbukti, para peserta untuk mengikuti Sosialisasi Youth Fun Juggling Competition mencapai ratusan orang di setiap wilayahnya. 

"Ada 36 Kota dan Kabupaten khususnya yang kita dekatkan dengan tempat yang memang sepak bolanya sedang bergairah. Tapi tidak menutup kemungkinan tempat lain juga bisa digelar," katanya. 

Disisi lain, Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto memberikan apresiasinya kepada Kemenpora dengan gelaran Sosialisasi Youth Fun Juggling Competition ini. Menurutnya gelaran ini sudah membangkitkan kembali sepak bola di Indonesia menyusul ketiadaan kompetisi, baik Liga 1, 2 hingga Liga 3 karena pandemi Covid-19. 

"Bayangkan saja disaat belum ada pandemi saja kita sulit untuk mengimplementasikan. Sekarang di tengah pandemi ada inovasi ini juga tak lepas dari event internasional yang ingin dicapai negeri ini pada 2032 nanti. Siapa yang bertanding disana ya anak-anak seusia sekarang ikut fun juggling," tutup Iwan. (Muhammad Ginanjar)