Ngatiyana Minta Warga Cimahi Disiplin Terapkan Prokes

Ngatiyana Minta Warga Cimahi Disiplin Terapkan Prokes
net

INILAH, Cimahi - Melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Cimahi menjadi peringatan bagi masyarakat untuk disilpin menerapkan protokol kesehatan.

Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana menegaskan, virus korona nyata adanya meski memang tidak terlihat. Buktinya sampai saat ini suda ada 968 orang yang terpapar COVID-19 Rinciannya, Sebanyak 307 orang masih terkonfirmasi positif, 633 orang sudah dinyatakan sembuh serta 28 orang meninggal dunia. 

"Covid-19 itu memang ada, sudah banyak yang kena. Mari kita disiplin menjaga diri. Terapkan protokol kesehatan," katanya belum lama ini.

Menurutnya jika masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, penularan virusnya bisa diantisipasi. Kerja tenaga medis akan lebih ringan jika virus ini bisa dikendalikan dan diantisipasi bersama-sama.

"Kasihan tenaga medis, dokter dan sebagainya. Apalagi informasinya rumah wakit mulai penuh," ujar Ngatiyana.

Ia juga menyoroti soal kerumunan massa. Ditegaskan Ngatiyana, kegiatan apapun itu jangan sampai membuat kerumunan yang nantinya malah berujung pada penularan virus korona. Ia mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan. 

"Sekarang ini kita masih zona merah, kasusnya banyak. Ayo bersama menjaga Kota Cimahi dengan menerapkan protokol kesehatan," sebutnya Ngatiyana.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi menambahkan rencananya pihaknya akan membuat surat edaran. Bukan pelarangan, melainkan berupa pengingat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak hingga menjaga imun.

"Kita mau rapatkan dulu. Rencananya mau bikin panduan semacam surat edaran. Kalau protokol kesehatan wajib diikuti," imbuh Pratiwi.

Selain itu, pihaknya akan melakukan pembatasan jumlah massa yang nantinya ikut dalam kegiatan keagamaan. Pembatasan akan disesuaikan dengan zona penularan Covid-19 di Kota Cimahi. (Ahmad Sayuti)