Fraksi PKS DPRD Jabar Serahkan Hadiah Umroh

Fraksi PKS DPRD Jabar Serahkan Hadiah Umroh

INILAH, Cianjur, - Fraksi PKS Serahkan Paket Umroh Kepada Asep Sofyan Juara I Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ke-3 DPW PKS Provinsi Jawa Barat, Aspe Sofyan hari ini menerima paket hadiah umroh dari Fraksi PKS Jawa Barat berupa paket umroh yang rencananya akan diberangkatkan pada, Kamis (14/2/2019).

Asep Sofyan,Juara I LBKK III DPW PKS Jabar mengaku sangat senang atas kesempatan yang didapatkan dari Fraksi PKS Jabar untuk berumroh. Pasalnya, hal itu tidak pernah dibayangkan sebelumnya setelah mengikuti lomba. Dirinya bersyukur lantaran menjadi orang yang beruntung dapat melaksanakan ibadah umroh.

"Bermimpi pun tidak, bahkan saya tidak menyangka akan mendapatkan nasib yang baik ini,” tutur Asep, Santri Nurul Hidayah Al Hodijiyah, Kabupaten Cianjur, di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro no. 27, Kota Bandung, Senin (11/2/2019).

Asep menyebutkan, tidak ada persiapan khusus saat dirinya berlomba baik dari mulai tingkat pesantren, kabupaten, hingga sukses di tingkat provinsi. Hanya berusaha dengan maksimal dan bersungguh-sungguh dalam berlajar kitab kuning dan berdoa agar dilancarkan selama menempuh ilmu di pesantren. “Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan menuai hasil yang positif, dan yang penting berdoa,” katanya.

Dia mengakui sulitnya untuk belajar kitab kuning, pasalnya dalam mempelajari kitab kuning dalam satu kata harkatnya (baris-red) beda maka maknanya juga akan berbeda. Selain itu perlu ketelitian dan pemahaman yang kuat untuk mempelajarinya.

"Dalam satu kata barisnya berbeda, maknanya akan berlainan, sehingga dalam membaca alquran makhrojul huruf dan tajwidnya harus benar agar tidak salah makna,” tegasnya.
Dirinya berharap agar kegiatan yang diselenggarakan DPW PKS Jabar dapat digelar secara berkesinambungan. Selain itu juga untuk memotivasi santri lainnya yang ada di pesantren di Jabar. “Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut setiap tahunnya,” pungkasnya.  

Ketua Bidang Pembangunan Umat DPW PKS Jabar Abdul Muiz mengatakan, LBKK ke-3 DPW PKS Jabar ini diikuti 184 utusan pesantren dari berbagai daerah se-Jabar yang terdiri atas 146 santriwan dan 38 santriwati. Mereka telah mengikuti babak penyisihan di masing-masing kota dan kabupaten.

Memiliki motivasi yang tinggi dalam mengkaji dan menelaah khasanah kitab kuning sebagai warisan para ulama-ulama salafiah sebagai karya ilmiah yang dikaji di pesantren di seantero nusantara. PKS dalam hal ini mendukung penuh kepada santri Jabar untuk memahami kitab kuning sebagai pencerminan agama islam yang rahmatan lil alamin.

“Ini sebagai salah satu sarana PKS Jabar untuk membangun kontribusi sosial termasuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul sejalan dengan Jabar Juara,” ujar Abdul Muiz, LC.

Fraksi PKS Jabar, lanjut Abdul, kegiatan ini dapat menyumbangkan secara sosial dalam rangka menyiapkan ulama masa depan, santri berprestasi dan mencontoh ulama yang berdedikasi berdasarkan ilmu yang kini dapat kita pelajari. "Kita harus bertanggung jawab untuk menyiapkan sdm yang unggul, tentu semuanya perlu persiapan yang baik agar menjadi sebuah kemaslahatan,” tutur dia.

Ketua Fraksi PKS DPRD Jabar Tetep Abdulatif menyatakan, Lomba Baca Kitab Kuning ini juga diharapkan dapat menambah kecintaan masyarakat terhadap kitab-kitab klasik rujukan umat Islam. Karena itu, secara simbolis kita serahkan paket umroh kepada pemenang lomba untuk diberangkatkan minggu ini.

"Semoga lomba ini ikut menyemangati kaum muslimin, khususnya para pemuda untuk membaca kitab-kitab yang menjadi rujukan masyarakat. Pada lomba kali ini, kitab yang dibaca adalah Fathul Mu'in," kata Tetep.

Dalam lomba tersebut, peserta dari Kabupaten Cianjur berhasil meraih juara pertama dan berhak mendapat hadiah umrah serta didaulat mewakili Jabar untuk maju dalam lomba serupa yang akan diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS. "Juara pertama diraih Asep Sofyan, perwakilan dari Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-Hodijiyah, Kabupaten Cianjur," ucapnya. (*)