DR, Pencuri Bersepeda Ontel yang Pantang Mencuri Saat Malam Bulan Purnama

DR, Pencuri Bersepeda Ontel yang Pantang Mencuri Saat Malam Bulan Purnama
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Dengan menggunakan sepeda ontel, seorang pria berinisial DR warga Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung melakukan aksi pencurian di beberapa rumah di Kabupaten dan Kota Bandung. Tercatat, sebanyak 40 tempat kejadian perkara (TKP) rumah yang berhasil disatroni DS dengan sepeda ontelnya.

Wakapolresta Bandung AKBP Dwi Indra Laksmana mengatakan, rumah yang menjadi sasaran DR adalah rumah yang ada penghuninya. Pada malam hari, dia memanfaatkan kelengahan pemilik rumah saat menggasak barang berharga.

“Mungkin pada saat jam-jam istirahat dan sebagainya. Saat ditangkap ada ponsel sebanyak enam unit. Kemudian, ada sebuah pahat yang biasa digunakan DR untuk melancarkan kejahatannya. Selain itu ada juga sepeda ontel dan delapan ekor burung merpati. Jadi apa saja yang ada didalam rumah dia ambil,” kata Dwi saat ekpos di Mapolresta Bandung, Senin (30/11/2020).

Dwi menjelaskan, DR merupakan residivis yang melakukan aksinya seorang diri. Selain kerap menggunakan sepeda ontel, uniknya DR juga memiliki pantangan dengan tidak mencuri saat malam bulan purnama. Alasannya, saat bulan purnama cukup terang, hal itu memudahkan orang lain melihat keberadaannya saat melakukan aksinya.

"Memang kalau melakukan aksinya dia itu seorang diri. Tapi kami juga menciduk dua orang lainya yakni UM dan IM yang selama ini adalah penadah berbagai barang curian dari DR. Pelaku melanggar pasal 363 KUHP," ujarnya.

Sementara itu, pelaku DR mengaku tak memiliki kendaraan bermotor. Sehingga dia menggunakan sepeda ontel untuk memuluskan aksi kejahatannya. Kata dia, ponsel adalah barang yang paling sering diambil, untuk selanjutnya dijual ke penadah.

"Kalau alasan saya tidak mencuri saat bulan purnama, ya karena terang saja. Misalkan lima petak, sepuluh petak sudah kelihatan ada orang. Kalau gelap enggak kelihatan, nunggu tidur, biasanya masuk lewat pakai jendela, dibongkar pakai pahat,” katanya. (Dani R Nugraha)