Baznas Kota Bandung Salurkan Bantuan Rp3,3 Miliar

Baznas Kota Bandung Salurkan Bantuan Rp3,3 Miliar
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung menyalurkan Rp3,3 miliar kepada para mustahik melalui Program Bandung Cerdas, Bandung Peduli, Bandung Taqwa, dan Bandung Makmur.

Dana tersebut merupakan dana yang terkumpul melalui zakat, infaq, dan sedekah para ASN dan warga Kota Bandung yang dikelola Baznas Kota Bandung. Bantuan disalurkan dalam bentuk gerobak beserta modal usaha, beasiswa, uang pembinaan, dan bantuan biaya hidup.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku bersyukur dan mengapresiasi penyaluran bantuan tersebut. Dia berharap, penyaluran bantuan ini akan terus menumbuhkan spirit dan semangat bagi warga Bandung yang masih memiliki kesempatan, peluang, dan rezeki yang lebih untuk dapat meningkatkan zakat, infaq, dan sedekah.

“Zakat merupakan rukun Islam yang memiliki dimensi sosial yang sangat besar. Karena Islam mengajarkan umatnya untuk peduli terhadap sesamanya. Dan dengan zakatlah ekonomi umat Islam akan segera bangkit. Tentunya akan berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi Nasional,” kata Oded, Senin (30/11/2020). 

Kendati masih dilanda pandemi Covid-19, namun semangat warga Bandung untuk berzakat semakin menyala. Bahkan, menurut perhitungan Baznas Kota Bandung berpotensi hingga mencapai Rp60 miliar. 

Oded juga berharap, bantuan ini dapat memicu dan memacu para mustahik untuk terus berusaha dan bekerja keras agar dapat meningkatkan taraf hidupnya. Sehingga para mustahik bisa menjadi muzakki yang dapat membantu sesamanya.

Sementara itu, Plt Ketua Baznas Kota Bandung Hery Kuseri menjelaskan pihaknya mendistribusikan zakat ke dalam empat program. 

"Program tersebut yaitu bantuan berupa biaya pendidikan (beasiswa) kepada siswa tingkat SMA pada program Bandung Cerdas, bantuan biaya berupa biaya hidup dasar pada program Bandung Peduli," kata Hery. 

Sedangkan dua bantuan lainnya yaitu bantuan berupa uang pembinaan guru mengaji pada program Bandung Taqwa. Serta, bantuan berupa gerobak pejuang berkah dan modal usaha pada program Bandung Makmur. (Yogo Triastopo)