Besok, Semua Anggota Dewan Wajib Hadiri Pemilihan Wabup

Besok, Semua Anggota Dewan Wajib Hadiri Pemilihan Wabup
Istimewa

INILAH, Cirebon - Ketua Panitia Pemilihan Wakil (Wabup) Cirebon, Mustopa, meminta semua anggota dan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Cirebon untuk hadir. Hal itu dikarenakan, Rabu besok (2/12/2020) ada rapat paripurna Pemilihan Wabup Cirebon. 

"Kehadiran seluruh anggota dewan dan unsur pimpinan menjadi tugas dan kewajiban para wakil rakyat. Adapun dalam prakteknya nanti mau menggunakan hak suara atau tidak, adalah hak mereka," kata Mustopa, Selasa (1/12/2020).

Mustopa mengapresiasi lancarnya rapat paripurna Penetapan dan Pengundian Nomor Urut, Senin kemarin. Ini membuktikan, solidnya kinerja Panlih dan dukungan semua anggota dewan dalam tahapan pemilihan Wabup Cirebon. Dengan terselenggaranya rapat paripurna terebut, anggota dan pimpinan DPRD  telah memenuhi tugas dan tanggung jawabnya. 

"Ini sesuai pasal 94 dalam Tata Tertib (Tatib) DPRD, sehingga kuorum dan rapat dapat dilaksanakan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon dari Fraksi PDIP, Rudiana tidak menampik, Wahyu Tjiptaningsih (Ayu), diperjuangkan untuk bisa terpilih. Masalahnya adalah, istri mantan Bupati Cirebon, Sunjaya ini mendapat rekom langsung dari DPP. Sementara untuk Cunadi, adalah sebagai pelengkap saja sebagai sarat memajukan dua kandidat Cawabup.

"Bu Ayu kan mendapat rekom langsung dari DPP. Perintah pusat, Ayu ya harus menang," jelas Rudiana.

Dirinya optimis, Ayu bisa terpilih menjadi Wabup Cirebon. Alasannya, selama ini sudah dilakukan lobi lobi politik kesemua fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Cirebon. Dari penerimaan mereka, besar kemungkinan tidak ada masalah saat pemilihan nanti. 

"Saya optimis semua fraksi bisa menjatuhkan pilihannya kepada Ayu. Lobi sudah kita lakukan. Bagaimanapun, ini membawa nama baik PDIP, jadi kami berusaha sekuat tenaga memenangkan Ayu," tukasnya. (maman suharman)