UPI Gelar KKN Tematik Dengan Membagikan Susu Sehat Kepada Masyarakat

UPI Gelar KKN Tematik Dengan Membagikan Susu Sehat Kepada Masyarakat
Istimewa

 

INILAH, Bandung - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dengan melakukan inisiatif untuk membagikan susu sehat untuk masyarakat Kalimukti, Cirebon, Jawa Barat. Hal ini dalam upaya membantu pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi Pandemi Covid-19.

Jumlah Mahasiswa yang terlibat KKN UPI edisi II ini adalah 3.000-an Mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, dengan terget utama di sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Berbagai kegiatan dikemas berbeda dengan KKN sebelumnya, dikerenakan sejauh ini kondisi Pandemi Covid-19 yang belum usai. Segala upaya terus dilakukan Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat seperti membudayakan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak).

"Minuman sehat ini dinamai sebagai Sumpah Pemuda, yakni susu dan rempah pemulih dahaga," kata Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPI, Purwakarta, Muhammad Rifki Mauludin, Selasa (1/12/2020).

Rifki mengungkapkan, minuman tersebut sebagai alternatif solusi untuk memperkuat daya tahan tubuh masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. Banyak masyarakat Desa Kalimukti khususnya di RT 01, RW 04 yang terdampak Pandemi di bidang ekonomi, yakni berkurangnya konsumen pada usaha yang mereka jalani sebelumnya.

“Selain itu, di bidang kesehatan mereka merasa masih khawatir akan adanya Covid-19 ini, karena sulit melakukan aktivitas seperti biasanya,” ungkap Rifki.

Atas dasar tersebut, Rifki mantap menyelenggarakan program pengabdian berupa membagikan minuman sehat sekaligus mengedukasi masyarakat.

Program pengabdian ini terlaksana dengan sasaran utama kerumunan warga dan door-to-door ke beberapa rumah masyarakat.

Selain membagikan minuman susu sehat, Rifki juga melakukan sosialisasi sekaligus mengedukasi masyarakat yang terdampak Covid-19 terkait pentingnya menjaga kesehatan dengan rajin berolah raga dan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi, serta selalu mengikuti arahan Pemerintah untuk membudayakan 3M.

Warga yang mendapatkan susu sehat juga merasa senang ketika diberi materi bagaimana menghadapi Covid-19 dan materi pentingnya menjaga kesehatan.

“Semoga Pandemi corona cepat berlalu agar berbagai aktivitas bisa dilakukan kembali dengan normal seperti sedia kala,” pungkas Rifki. (Okky Adiana)