Kejari Bandung Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Psikotropika

Kejari Bandung Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Psikotropika
foto: INILAH/Bambang Prasethyo

INILAH, Bandung - Ribuan pil psikotropika hingga minuman keras (miras) berbagai merek dan jenis dimusnahkan Kejari Bandung. Selain itu ada juga senjata api rakitan, ganja dan shabu. 

 

Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan fi halaman depan Kejari Bandung, Jalan Terusan Jalarta, Selasa (1/12/2020) dan dipimpin langsung Kajari Bandung Iwa Suwia Pribawa. 

 

Berdasarkan pantauan, ganja dan gorila serta obat-obatan dan alat kosmetik dimusnahkan dengan cara dibakar. Sementara minuman keras dengan cara distum, serta sabu diblender. Sementara senjata api rakitan laras panjang diserahkan ke PT Pindad. 

 

"Barang bukti yang dimusnahkan ini sudah diputuskan di pengadilan dan memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht)," katanya usai pemusnahan. 

 

Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan dari kurun Mei 2020 hingga Oktober 2020. Yakni perkara tindak pidana umum (Pidum) sebanyak 174 perkara, di antaranya Narkotika dan Psikotropika sebanyak 132 perkara.

 

"Rinciannya, ganja seberat 3,4 kilogram, gorila atau ganja sintetis seberat 96,8 kilogram, dan shabu seberat 616 gram," ujarnya.

 

Kemudian untuk psikotropika berbagai merek sebanyak 1.362 tablet, terdiri dari extacy, aprazotem dan MDMA. Selanjutnya perjudian sebanyak 5 perkara, undang-undang kesehatan satu perkara, dan UU Darurat sebagai alat bukti  kejahatan, seperti satu pucuk senjata rakitan laras panjang dan perkara lainnya sebanyak 38 perkara. (Ahmad Sayuti)