Calon Penerima Vaksin Mulai di Data

Calon Penerima Vaksin Mulai di Data
Istimewa

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mulai mendata calon penerima suntik vaksin Covid-19 pada 2021 mendatang. 

 

Menurutnya, calon penerima vaksin Covid-19 diprioritaskan kepada masyarakat yang sering berinteraksi dengan masyarakat dan mereka yang rawan terpapar virus corona. 

 

"Tadi penyampaian itu Menkes, Menteri BUMN, Menkominfo dan Mendagri. Intinya meminta pemerintah kabupaten kota lebih ke sosialisaai vaksin dahulu," kata Yana di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Selasa (1/12/2020). 

 

Menurutnya, berdasarkan survei Kemenkea, terdapat 26 persen lebih masyarakat yang belum mengetahui tentang vaksin termasuk perdebatan menyangkut kehalalan. Pemkot Bandung juga diminta untuk mempersiapkan data calon penerima vaksin Covid-19. 

 

"Kita pemkot diharapkan mempersiapkan data siapa yang berhak mendapatkan sesuai kriteria yang sesuai pemerintah. Nakes, itinya petugas yang rentan dan sering berinteraksi langsung masyarakat, TNI dan Polri," ucapnya.

 

Kata dia, pihaknya akan mempersiapkan data tersebut untuk pelaksanaan vaksinasi pada 2021 mendatang. Namun, dia mengaku belum mengetahui persis waktu detail pelaksanaan vaksinasi terlebih uji klinis vaksin seperti vaksin merah putih dan sinovac masih berlangsung.

 

"Kelihatan 2021 penyuntikan, vaksin masih berproses. Intinya menyiapkan data. Gratis kalau untuk nakes, petugas yang rentan berinteraksi dengan masyarakat. Mandiri bayarnya belum ada (nominal)," ujar dia.

 

Lebih lanjut Yana menambahkan, pihaknya juga akan mengatur mekanisme pelaksanaan vaksinasi agar tidak terjadi masalah. Menurutnya, pembagian vaksin ditiap daerah akan mengacu kepada kebijakan pusat. 

 

"Tadi mekanisme juga jangan sampai rebutan, siapa yang berhak dapat harus mulai dilakukan. Gugus tugas akan bahas hasil ini. Pengusulan dibalik dari atas dulu ke bawah. Akan menyiapkan lokasi tempat pelaksanaan vaksinasi," tandasnya. (Yogo Triastopo)