Mantul, Bayar PBB di Kab Bandung Kini via Marketplace dan  Mini Market

Mantul, Bayar PBB di Kab Bandung Kini via Marketplace dan  Mini Market
Istimewa

INILAH,Bandung- Untuk memudahkan masyarakat membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),Badan pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bandung, melakukan inovasi dengan membuka delapan layanan pembayaran PBB.

Sehingga untuk membayar pajak tidak perlu lagi menunggu datang Surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT), namun cukup dengan menyebutkan nomor obyek pajak (NOP).

Wajib Pajak (WP) dapat melakukan pembayarannya di gerai-gerai yang etersedia di mini market seperti Alfamart, Indomart. Kemudian bisa juga di Kantor pos, ATM dan teller Bank Jabar – Banten serta melalui Aplikasi  BJB DiGi. Tak hanya itu saja, pembayaran PBB juga bisa dilakukan melalui marketplace, Tokopedia dan uang digital Gopay, 

Setelah melakukan transaksi di tempat yang telah ditentukan tersebut, wajib pajak harus minta tanda bukti lunas pembayarannya. Untuk terus mempermudah pembayaran Bapenda Kabupaten Bandung akan menambah tempat-tempat pembayaran melalui kerjasama lembaga swasta lainnya termasuk dengan  Bumdes yang banyak tersebar disetiap desa di Kabupaten Bandung.

"Kalau masih belum tercover oleh delapan tempat pembayaran itu, kami juga melakukan jemput bola. Khususnya ke daerah daerah yang ada dipelosok, kami jemput bola dengan membawa mobil pelayanan pembayaran. Kami ada tiga unit mobil untuk keliling desa sehingga WP dapat terjaring membayar pajak,“ kata Kepala Bidang Pendapatan 2 Bapenda Kabupaten Bamdung, Kankan Taufik Barnawan, Selasa (1/12/2020).

Dikatakan Kankan, inovasi ini dilakukan pihaknya sebagai apresiasi Pemerintah Kabupaten Bandung, dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Karena kesadaran dan ketaatan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak PBB setiap tahunnya sangat tinggi.

"Sebelum ada penambahan tempat pembayaran, banyak masyarakat WP yang menunda atau menitipkan (kolektif) pembayaran pajaknya ke orang lain. Nah sekarang kami mendekatkan pelayanan pada WP yang memang harus dilayani dan difasilitasi dengan baik. Ini juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada masyarakat yang senantiasa membayar kewajiban pajaknya,"ujarnya.

Diharapkan Kankan, dengan adamya inovasi pelayanan tempat pembayaran tersebut, masyarakat dapat melakukan pembayaran langsung, dengan mendatangi tempat tempat yang telah ditunjuk maupun melalui aplikasi yang telah disediakan. Karena dengan lancarnya pembayaran pajak dapat meningkatkan pembangunan di berbagai sektor di Kabupaten Bandung. Sehingga, hasil pembangunannya dapat dirasakan oleh masyarakat.(rd dani r nugraha).