Sosialisasi Empat Pilar, DPRD Jabar Harap Masyarakat Jaga Rasa Nasionalisme

Sosialisasi Empat Pilar, DPRD Jabar Harap Masyarakat Jaga Rasa Nasionalisme
net

INILAH, Bandung – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan guna memupuk dan menjaga rasa nasionalisme masyarakat terhadap negara.

Dalam kegiatan Citra Bhakti Parlemen yang bertema sosialisasi empat pilar, Daddy Rohanady mengatakan semakin hari rasa nasionalisme sudah kian berkurang yang disebabkan banyak faktor. Salah satunya dengan adanya pergeseran nilai budaya, akibat masuknya pengaruh dari luar.

Dia pun mendorong agar sosialisasi empat pilar harus terus dijalankan dn diperkenalkan sejak dini, guna menghindari pengaruh negatif. Sebab menurutnya, empat pilar tersebut merupakan pondasi penting dalam berbangsa dan bernegara.

“Empat pilar kebangsaan merupakan pondasi penting untuk melakasanakan berkebangsaan dan bernegara. Menjadi kewajiban kami untuk turut serta dalam sosialisasi empat pilar ini, agar semua lapisan masyarakat wajib untuk menjadi pelaksana atau mensosialisasikannya juga,” ujar Daddy dalam acara sosialisasi di Kantor DPC Partai Gerindra, Jalan Pekalipan, Ruko Dalam, Kota Cirebon, Selasa (01/12/2020).

Hal senada disampaikan Ade Kaca, kepada masyarakat Kelurahan Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Dia menjelaskan, pemahaman serta wawasan kebangsaan masyarakat terhadap Pancasila, UUD 1946, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika wajib terus ditumbuhkan secara utuh. Mengingat begitu pentingnya hal tersebut untuk membentengi masyarakat dari paham-paham yang dapat merusak tatanan berbangsa dan bernegara.

“Semua elemen masyarakat Indonesia harus memiliki jiwa nasionalis yang kokoh. Sebagai rakyat Indonesia, kita semua harus memahami sejarah, makna dan tujuan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Semua komponen harus memahami makna Pancasila beserta komponen lain yang ada di negara kita tercinta,” ucapnya. (Yuliantono)