Ema: Tak Menutup Kemungkinan Kota Bandung Kembali Berlakukan PSBB

Ema: Tak Menutup Kemungkinan Kota Bandung Kembali Berlakukan PSBB
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kemungkinan kembali diberlakukan Pemkot Bandung mengingat level kewaspadaan Kota Bandung meningkat ke zona merah. 

Hal tersebut dikemukakan Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (1/12/2020). 

"PSBB bisa saja terjadi, kita sudah siapkan untuk opsi itu," kata Ema. 

Menurutnya, pemerintah kota segera melaksanakan rapat terbatas (ratas) untuk membahas peningkatan level kewaspadaan saat ini. Salah satunya soal keberadaan cek poin untuk memperketat mobilitas. 
 
"Tetapi pada dasarnya, kebijakan di wali kota. Ratas dipercepat minggu ini. Kalau zona merah, ada konsekuensi. Sekarang belum mulai, karena perwal belum direvisi," ucapnya. 

Sambung dia, kasus positif aktif Covid-19 di Kota Bandung mengalami peningkatan signifikan. Saat ini kasus aktif mencapai 759 kasus dengan jumlah kasus kumulatif mencapai 3.560. 

"Gugus Tugas akan tegas menindak masyarakat maupun pelaku usaha yang melanggar protokol kesehatan. Lalu ruang-ruang publik tidak boleh digunakan yang berpotensi menciptakan kerumunan," ujar dia.

Ema menambahkan, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penanganan Covid-19. Selain itu, penyemprotan disinfektan akan kembali dilakukan secara rutin. (Yogo Triastopo)