Kota Bandung Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tingkat Jabar 2020

Kota Bandung Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tingkat Jabar 2020
istimewa

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung meraih penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat sebagai Badan Publik Informatif 2020 Tingkat Jabar dengan Kategori Pemerintah Kabupaten Kota.

“Ini menjadi indikator bahwa Kota Bandung terus berupaya dalam mengelola keterbukaan publik. Alhamdulilah kita terus lakukan sehingga mendapatkan penghargaan,” kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Gedung Sate, Kamis (3/12/2020). 

Dia pun berpesan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung untuk terus mempertahankan serta terus berinovasi agar informasi mengenai Pemkot Bandung dalam pembangunannya sampai kepada masyarakat.

"Saya harap masyarakat bisa melihat apa saja yang sedang diakukan di Kota Bandung, dalam pembangunan juga transparansi yang akuntabel,” ucapnya. 

Selain ditingkatkan, menurutnya, struktur pengelolaanya juga harus tersampaikan. Sehingga memiliki open government menjadi trigger bagi yang lain. 

“Struktur pengelolaan informasi harus sampai ke wilayah. PPID pembantu harus diperkuat, agar masyarakat dengan pemerintah memiliki komunikasi yang bagus. sehingga Kota Bandung itu memberikan contoh Open Goverment,” ujar dia. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Bandung Anton Sunarwibowo mengatakan pemanfaatan platform media sosial menjadi daya dorong yang utama. Seperti untuk keperluan data Covid-19 yang setiap hari disampaikan dan dapat diakses masyarakat. 

"Bantuan sosial, datanya bisa dicek 'by name dan by address'. Sehingga Open Goverment itu diimplementasikan kepada masyarakat. Masyarakat bisa percaya kepada pemerintahan. Seperti di kecamatan sampai kelurahan, petugas PPID pembantu itu dibantuan untuk melayani masyarakat,” kata Anton. (Yogo Triastopo)