Terus Membeludak, Garut Sediakan 8 Titik Fasilitas Layanan Isolasi Pasien Covid-19

Terus Membeludak, Garut Sediakan 8 Titik Fasilitas Layanan Isolasi Pasien Covid-19
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Hingga kini, ada delapan tempat di Kabupaten Garut dijadikan sebagai fasilitas pelayanan perawatan kesehatan khusus pasien kasus Covid-19, menyusul kian membeludaknya jumlah pasien kasus baru positif Covid-19 ditambah pasien berstatus suspek.

Delapan tempat tersebut yakni RSU dr Slamet Garut Jalan RSU Tarogong Kidul, RS TNI AD Guntur Jalan Bratayudha Garut Kota, RSU Intan Husada Garut Jalan Mayor Suherman Tarogong Kidul , RSU Nurhayati Jalan Jenderal Sudirman Karangpawitan, RSU Annisa Queen Jalan Jenderal Sudirman Karangpawitan, Klinik Medina Jalan Raya Wanaraja, gedung Diklat KB Jalan RSU Tarogong Kidul, dan Rumah Susun (Rusun) Gandasari Jalan Raya Bayongbong-Garut Cilawu.

Gedung Art Center di komplek sarana olahraga (SOR) Ciateul Kecamatan Tarogong Kidul juga disiapkan sebagai alternatif tempat isolasi lainnya untuk berjaga-jaga bila jumlah pasien Covid-19 terus bertambah. Kebutuhan fasilitas di tempat-tempat isolasi pasien Covid-19 pun terus dilengkapi. Semisal di Rusun Gandasari. 

"Hari ini, kita kontrol ruang isolasi. Mereka kita kasih spring bed yang baik, kita kasih tv, kasih internet. Mereka bisa kerjakan dengan laptop di sini," kata Bupati Garut Rudy Gunawan, beberapa waktu lalu.

Rudy menyebutkan, pihak keluarga dari pasien Covid-19 yang diisolasi di sana diperbolehkan menengok dengan syarat melakukan komunikasi cukup dari luar ruangan. Hal itu guna mencegah terjadinya penularan virus.

"Di sini, kita bahagiakan mereka. Saya memberikan jaminan apa yang dikeluhkan mereka dalam fasilitas, kita akan lakukan yang terbaik. Makan, kami berikan yang terbaik. Juga keluarga boleh nengok ke sini, dan berkomunikasi di luar," ujar Rudy yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Garut.

Rudy juga sempat menyapa sejumlah pasien yang sedang dirawat isolasi di rusun tersebut dari jauh dengan didampingi dokter jaga dan perawat. Dia meminta masyarakat Garut senantiasa menjaga protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Saat ini, jumlah pasien Covid-19 sedang dirawat di Rusun Gandasari sendiri mencapai sebanyak 17 orang.

Merujuk data GTPP Covid-19 Kabupaten Garut, per 30 November 2020, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Garut masih diisolasi dalam perawatan saat ini mencapai sebanyak 657 orang, ditambah dua pasien positif menjalani isolasi mandiri di rumah. Terdapat pula sebanyak lima pasien kasus suspek Covid-19 diisolasi dalam perawatan rumah sakit. (Zainulmukhtar)