Hampir Rampung, Dua Jembatan Layang di Kota Bandung Segera Diujicoba

Hampir Rampung, Dua Jembatan Layang di Kota Bandung Segera Diujicoba
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Dua flyover di Kota Bandung, yakni flyover Jalan Jakarta-Jalan Supratman dan flyover Jalan Laswi-Jalan Pelajar Pejuang rencananya akan mulai dapat diakses pada akhir tahun ini. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat A Koswara, Kamis (3/12/2020). Dia mengatakan, pihaknya akan mengupayakan dua flyover ini dapat segera diakses oleh masyarkat. 

"Akhir tahun ini lah secepatnya," ujar Koswara. 

Dia memastikan, saat ini pembangunan kedua flyover tersebut sudah hampir rampung. Di mana pihaknya akan lebih dulu melakukan ujicoba jalur dulu dengan Polres sebelum dapat dilalui oleh pengendara. 

"Uji coba dulu lah. Setelah ok baru jalan," katanya. 

Dia menambahkan, mengenai kesiapan infrastruktur yang belum rampung, akan diupayakan tuntas pada tahun ini. 

"Yang belum itu nanti tinggal finishingnya aja," kata Koswara.

Diketahui, Pemprov Jabar membangun dua flyover di Kota Bandung. Yakni, flyover Jalan Jakarta-Jalan Supratman dan flyover Jalan Laswi-Jalan Pelajar Pejuang. Kedua, pembangunan tersebut dimulai dengan groundbreaking Gubernur Jabar Ridwan Kamil di lokasi flyover Jalan Jakarta-Jalan Supratman.

Dua jalan layang ini dibangun untuk memecah kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di dua jalur utama tersebut. Flyover Jalan Jakarta-Jalan Supratman dibangun melintas di atas Jalan Ahmad Yani. Flyover ini memiliki panjang total 500 meter, bagian jembatannya sepanjang 40,9 meter, dan lebarnya 9 meter.

Sebelumnya, Koswara mengatakan, pembangunan flyover Jalan Jakarta-Jalan Supratman ini membutuhkan anggaran Rp42 miliar. Penganggarannya, dibagi menjadi dua tahap, yakni pada tahap satu dianggarkan Rp8,3 miliar dengan pengerjaan 120 hari kerja sampai akhir 2019. 

"Pada tahap kedua dianggarkan Rp33,7 miliar pada 2020 dengan pengerjaan 180 hari," katanya.

Hal yang sama untuk pembangunan flyover Jalan Laswi-Jalan Pelajar Pejuang  dilakukan dalam dua tahap pada 2019 dan 2020. Flyover ini menelan anggaran Rp35,9 miliar, yang dipecah pada tahap satu Rp4,2 miliar selama 120 hari kerja. 

"Tahap dua untuk sesi ini, Rp31,7 miliar dengan pembangunan 180 hari kerja," katanya.

Koswara menjelaskan, flyover Jalan Laswi-Jalan Pelajar Pejuang ini memiliki panjang total 520 meter, bagian jembatan 36 meter, dan lebar 9 meter. Flyover ini melintasi Jalan Gatot Subroto. (Rianto Nurdiansyah)