Kota Bandung Bakal Miliki Sekolah Lansia

Kota Bandung Bakal Miliki Sekolah Lansia
istimewa

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung akan menghadirkan sekolah lanjut usia (lansia). Sejumlah program pun telah dirancang pemerintah kota agar hal tersebut segera dapat terwujud. 

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, tak hanya dalam bidang kesehatan. Namun, dalam sosial kemasyarakatan seperti aspek mental, kebugaran, pendidikan hingga kebutuhan rohaninya. 

“Melalui sekolah ini, para peserta yang sudah senior bisa bersosialisasi dengan sesamanya tanpa rasa rikuh. Juga bisa belajar tentang berbagai hal sesuai dengan usia dan minat yang bermanfaat untuk mengisi hari-harinya,” kata Yana, Kamis (3/12/2020). 

Namun begitu, dituturkannya, golongan lansia sangat lah rentan terpapar Covid-19. Maka dari itu, dia mengimbau agar lansia tetap melakukan berbagai aktivitasnya di dalam rumah hingga pandemi selesai. 

“Kita paham bahwa warga lansia harus tetap melakukan aktivitas ringan dan berolahraga. namun, saya imbau supaya itu dilakukan di rumah saja untuk sementara waktu sampai pandemi berlalu. Kalau pun harus keluar rumah, protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat," ucapnya. 

Sedangkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Tatang Muhtar mengatakan, pihaknya akan menerbitkan Peraturan Daerah mengenai Bandung Kota Ramah Lansia, agar pelayanan dan pemberdayaan kepada lansia dapat terakomodir didalam regulasi.

“Perda ini adalah bentuk kepedulian yang tinggi dari Pemkot Bandung terhadap lansia di Kota Bandung,” kata Tatang. (Yogo Triastopo)