Cegah Penyebaran Covid-19, Cimahi Terjunkan Tim Patroli

Cegah Penyebaran Covid-19, Cimahi Terjunkan Tim Patroli
net

INILAH, Cimahi - Awasi aktivitas keramaian di masa pandemi Covid-19, Pemkot Cimahi terjunkan tim patroli statis dan mobile. Jika tim menemukan pelanggaran, tindakan tegas bakal langsung dilakukan. 

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, tim statis dan mobile merupakan gabungan dari beberapa unsur, yakni Satpol PP, Damkar, Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perhubungan, TNI, Polri dan unsur terkait lainnya. 

"Tim patroli ini jadi salah satu opsi kita untuk mencegah lonjakan kasus penularan COVID-19, seperti yang terjadi dalam dua pekan ke belakang, hingga Kota Cimahi masuk zona merah atau kategori tinggi penularan kasusnya," katanya kepada wartawan, Kamis (3/12/2020). 

Kendati saat ini Cimahi sudah masuk zona orange Ngatiyatna mengaku bukan berarti Pemkot harus santai, justru harus semakin ditekan. Salah satunya dengan mencegah adanya kerumunan-kerumunan yang berisiko tinggi menularkan virus corona. Salah satu pusat keramaian yang akan diawasi tim patroli adalah pasar dan pusat kegiatan ekonomi lainnya. 

"Kegiatan ekonomi kan harus tetap jalan, tapi tetap protokol kesehatan harus tetap diterapkan. Kalau gak mau cuci tangan, gak mau terapkan protokol kesehatan, pulang saja, begitu juga konsumen," tegas Ngatiyana. 

Untuk izin membuat keramaian seperti pernikahan dan kegiatan keagamaan, lanjut Ngatiyana, pihaknya sama sekali tidak melarang. Hanya saja prosedurnya harus ditempuh. Dari mulai permintaan izin dari Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kota Cimahi. 

"Dan tetap pakai protokol kesehatan. Nanti juga akan ada tim patroli yang mengawasi," tandasnya. (Ahmad Sayuti)