Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 888

Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 888
Istimewa

INILAH, San Diego - Qualcomm memperkenalkan chipset prosesor flagship terbaru Snapdragon 888 5G Mobile Platform, yang membawa pengalaman premium bagi pengguna.

"Menciptakan pengalaman premium membutuhkan fokus berkelanjutan pada inovasi, komitmen jangka panjang, bahkan pada situasi yang penuh ketidakpastian sekali pun," ujar Cristiano Amon, President Qualcomm Inc, di ajang di Tech Summit Digital 2020.

"Komitmen ini membutuhkan organisasi yang fokus pada masa depan untuk terus mengantarkan tekologi-teknologi guna mendefinisikan ulang pengalaman premium kepada konsumen," dia menambahkan.

Dengan penyematan Qualcomm Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga, Snapdragon 888 memungkinkan kompatibilitas global dengan menawarkan mmWave dan sub-6 pada seluruh pita-pita besar di dunia, dan juga mendukung 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing.

Director of Product Management for Qualcomm Technologies Lekha Motiwala menjelaskan, Snapdragon 888 akan membawa peningkatan signifikan pada masa depan dari komputasi fotografi dan mengubah smartphone menjadi kamera berkualitas profesional.

Dengan kecepatan gigapixel yang ditingkatkan, pengguna Qualcomm Spectra ISP dapat menangkap foto dan video pada 2,7 gigapixel per detik atau sekitar 120 foto pada resolusi 12MP, diklaim hingga 35 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Qualcomm juga membawa pembaruan teknologi pada Snapdragon 888. Qualcomm AI Engine generasi keenam terbaru dengan prosesor Qualcomm Hexagon yang telah dirancang ulang sepenuhnya, membawa kemajuan besar pada AI dibandingkan dengan generasi sebelumnya untuk meningkatkan kinerja, hemat daya, dengan performa 26 tera operations per second (TOPS).

Platform ini ditingkatkan lebih lanjut dengan Qualcomm Sensing Hub generasi kedua, yang membawa Always-On AI processing berdaya rendah untuk fitur-fitur intuitif dan pintar.

Selanjutnya, Qualcomm juga membawa Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga pada Snapdragon 888 dengan peningkatan pada performa Qualcomm Adreno GPU.

Kehadiran Snapdragon 888 mendapat dukungandari sejumlah OEM, termasuk ASUS, Black Shark, Lenovo, LG, MEIZU, Motorola, Nubia, realme, OnePlus, OPPO, Sharp, vivo, ZTE, dan Xiaomi.

"Pada beberapa dekade terakhir, sejak generasi pertama dari smartphone Xiaomi hingga seri masterpiece Xiaomi 10 yang juga menandai perayaan hari jadi kami ke-10, kami bekerja sama dengan Qualcomm Technologies untuk menghadirkan pengalaman mobile paling canggih kepada pengguna di seluruh dunia," kata Lei Jun, pendiri dan CEO Xiaomi.

"Snapdragon 888 adalah mobile platform paling canggih dari Qualcomm Technologies. Bersamaan dengan konektivitas 5G terdepan di industri, Qualcomm telah membawa terobosan-terobosan baru dan inovasi pada AI, gaming dan kamera," dia melanjutkan.

Lei Jun juga mengungkapkan bahwa flagship terbaru Xiaomi, Mi11, akan dibekali Snapdragon 888.

"Kami bangga bahwa smartphone flagship terbaru kami Mi11 akan menjadi salah satu yang pertama hadir dengan dukungan Snapdragon 888. Produk canggih dari kami ini akan dilengkapi dengan beragam teknologi-teknologi hardcore," ujar dia. (inilah.com)